Kamis 16 Jul 2020 22:45 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Lampung Tambah Empat Kasus

Empat orang menambah jumlah positif covid di Lampung.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil
Pasien Positif Covid-19 di Lampung Tambah Empat Kasus . Foto: Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Pasien Positif Covid-19 di Lampung Tambah Empat Kasus . Foto: Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Lampung bertambah 4 kasus menjadi 219 orang pada Kamis (16/7). Sedangkan pasien positif yang sembuh tetap 169 orang, dan meninggal dunia juga tetap 12 orang.

“Kasus terkonfirmasi positif Covid-19, terdapat tambahan empat orang, tiga orang dari Kabupaten Lampung Selatan, dan satu orang dari Kota Bandar Lampung,” kata Kepala Dinas Kominfotik Lampung, yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung nonteknis Achmad Chrisna Putra di Bandar Lampung, Kamis (16/7).

Baca Juga

Dia mengatakan, empat pasien positif Covid-19 tambahan tersebut yakni pertama, pasien 216 inisial LB perempuan berusia 57 tahun asal Kabupaten Lampung Selatan. Pasien merupakan hasil tracing dengan pasien 202, terkonfrimasi positif Covid-19 dari hasil swab 15 Juli 2020. Kondisi pasien, kata dia, baik dan menjalani isolasi mandiri.

Kedua, pasien 217 inisial YA, perempuan 27 tahun asal Lampung Selatan. Pasien diketahui hasil tracing pasien 205 terkonfirmasi positif dari hasil swab 15 Juli 2020. Kondisi pasien baik dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ketiga, pasien 216 inisial AB laki-laki berusia 53 tahun asal Lampung Selatan. Pasien adalah pelaku perjalanan pada 12 Juni 2020 datang dari Padang, Sumatra Barat. Pada 12 Juli 2020 melaksanakan rapid test untuk persyaratan pelaku perjalanan dengan hasil reaktif.

Pada 13 Maret 2020, pasien tersebut diambil sampel swab dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 15 Juli 2020. Saat ini  kondisi pasien baik, dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Keempat, pasien 219 inisial IF perempuan berusia 41 tahun, asal Kota Bandar Lampung. Pada 18 Juli 2020 yang bersangkutan sakit di rawat di RS swasta di Bandar Lampung, keluhan demam. Dari hasil pemeriksaan rontgen, penyakit pasien mengarah ke pnemoniau.

Pada 15 Juli 2020 pemeriksaan sampel swab, terkonfirmasi positif dari hasil swab di RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung pada 15 Juli 2020. Kondisi pasien saat ini menjalani isolasi mandiri.

Chrisna Putra berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, mencuci tangan di air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan Hal tersebut, ujar dia, dapat memutus rantai penyebaran dan penularan virus corona.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kamis (16/7), dari 15 kabupaten/kota terdapat satu kabupaten zona hijau yang belum terdampak Covid-19 yakni Mesuji. Sedangkan empat kabupaten lainnya zona hijau Tulangbawang Barat, Waykanan, Pesawaran, dan Tulangbawang.

Sedangkan zona kuning sembilan daerah yakni Lampung Utara, Lampung Barat, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Selatan, Kota Metro, Lampung Timur, dan Lampung Tengah, serta Bandar Lampung. Kota Bandar Lampung tadinya zona merah, turun menjadi oranye, dan turun lagi menjadi kuning. Sedangkan Kabupaten Pesisir Barat tadinya zona kuning menjadi oranye.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement