Sabtu 25 Jul 2020 09:03 WIB

Arab Saudi Luncurkan Perangkat Registrasi Warga Covid-19

Perangkat ini untuk mengumpulkan data statistik kasus positif Covid-19 di Arab Saudi.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Luncurkan Perangkat Registrasi Warga Covid-19. Seorang pria memakai masker saat akan membeli es krim di Saudi Arabia, Ahad (28/6). Kasus COVID-19 di dunia mencatatkan angka tertinggi dalam 24 jam terakhir pada Ahad (28/6),  dengan jumlah lebih dari 10 juta kasus positif dan 500.000 kematian.(AP Photo/Amr Nabil)
Foto: AP/Amr Nabil
Arab Saudi Luncurkan Perangkat Registrasi Warga Covid-19. Seorang pria memakai masker saat akan membeli es krim di Saudi Arabia, Ahad (28/6). Kasus COVID-19 di dunia mencatatkan angka tertinggi dalam 24 jam terakhir pada Ahad (28/6), dengan jumlah lebih dari 10 juta kasus positif dan 500.000 kematian.(AP Photo/Amr Nabil)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH - Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Arab Saudi (CDC) meluncurkan perangkat registrasi nasional baru untuk mengumpulkan data tentang orang-orang yang telah dites positif Covid-19. Langkah itu untuk memperkuat dan mengintensifkan upaya negara mengurangi jumlah sebaran kasus, Kamis (23/7).

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (24/7), perangkat ini digunakan untuk mengumpulkan data statistik dari kasus-kasus positif corona di Arab Saudi. Data ini dapat membantu mereka melakukan penelitian dan studi tentang penyakit ini, terutama dalam uji klinis efikasi obat dan protokol perawatan.

Baca Juga

Selain itu perangkat ini juga akan menyediakan fungsi tambahan data kualitatif untuk upaya ilmiah yang diluncurkan oleh CDC sejak awal pandemi untuk menghambat penyebarannya. "Perangkat ini merupakan alat kesehatan masyarakat yang efektif untuk pencegahan penyakit dan mencakup program peringatan dan deteksi dini, respons , dan sistem kesiapsiagaan," kata laporan Saudi Press.

Secara khusus perangkat dapat berkontribusi memperluas upaya pemantauan penyebaran penyakit, melindungi kelompok berisiko tinggi, dan mendukung fasilitas perawatan kesehatan dengan keahlian dan pengetahuan. CDC telah memanfaatkan semua potensinya untuk berkontribusi mengurangi dampak pandemi. Sejak didirikan, CDC telah melakukan upaya serupa untuk memerangi dan memantau penyakit menular dan tidak menular serta mencegah penyebarannya di Arab Saudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement