Selasa 18 Aug 2020 13:13 WIB

Karier Somi Meroket Tajam di Usia 19 Tahun

Somi merupakan solois K-Pop yang berhasil tembus 10 Hit teratas Billboard dunia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Somi merupakan solois K-Pop yang berhasil tembus 10 Hit teratas Billboard dunia (Foto: Jeon Somi)
Foto: The Korea Times
Somi merupakan solois K-Pop yang berhasil tembus 10 Hit teratas Billboard dunia (Foto: Jeon Somi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karier Jeon Somi alias SOMI sebagai solois K-Pop meroket begitu cepat berkat kesuksesan hit "What You Waiting For”. Single debutnya di bawah naungan label The Black Label itu menjadi capaian luar biasa bagi karir musisi berusia 19 tahun itu.

Dalam hitungan hari pasca rilis 22 Juli lalu, single yang ditulis oleh Teddy itu berhasil menempati posisi 10 hit teratas di chart Billboard’s World Digital Song. Sementara di tangga lagu K-pop beberapa negara seperti Indonesia dan Thailand, Somi sukses menempati posisi puncak di awal bulan ini.

Baca Juga

“Ini saat yang menyenangkan bagiku. Aku sangat menikmati momen ini, karena ini adalah hasil kerja keras kami. Sejak single pertamaku Birthday dirilis, aku ingin kembali dan memberikan sesuatu yang berbeda kepada penggemar, dan akhirnya aku persembahkan lagu ini,” kata Somi seperti dikutip dari Billboard pada Selasa (18/8).

Video musik "What You Waiting For" juga terbukti sukses. Sampai hari ini, video musik itu telah diputar lebih dari 19 juta kali. Video tersebut menampilkan kemampuan Somi dalam berakting sebagai remaja yang edgy-chic lalu dewi yang elegan.

"Ini benar-benar seperti produksi film mini: setiap item memiliki tujuan dan makna," kata Somi.

Faktanya, penggarapan video musik "What You Waiting For" memang dikerjakan secara matang. Somi mengaku, ia hampir setiap hari berdiskusi dengan sutradara sekaligus produser Teddy untuk membahas konsep video. Dalam video musik itu, ia pun mengajak kucing kesayangannya Zorro untuk masuk dalam sebuah adegan.

“Ada banyak perubahan set selama syuting, tentu itu melelahkan, tapi rasanya lucu jika aku menyerah karena lelah," ungkap Somi.

Somi juga mengambil bagian dalam perencanaan konsep busana di video musik, sehingga ia bebas mengeksplorasi style-nya. Sejak kecil, Somi ternyata suka mengekspresikan diri melalui pakaian. Karenanya ia ingin agar video musik itu menggambarkan dirinya secara jujur.

“Aku terlibat dalam setiap proses penataan, dan melakukannya dengan sangat serius. Saya dilibatkan dalam setiap pertemuan dengan stylist utama kami, Serian, yang sekarang menjadi sutradara di Vogue Korea. Saya senang saya bisa memilih style yang cocok,” kata dia.

Belum lama ini, Somi juga dilirik perusahaan rekaman asal Amerika Serikat (AS) Interscope Records. Label yang menjadi rumah bagi Lady Gaga, J Cole, dan Billie Eilish itu bermitra dengan The Black Label untuk Somi. Atas hal itu, Somi mengaku sangat bersemangat dan merasa terhormat bisa menjadi bagian dari Interscope.

“Sungguh bahagia bisa berada di tim yang sama dengan musisi legendaris. Saya diberkati karena mendapat tawaran dari beberapa perusahaan setelah single debut saya, tetapi sepertinya saya cocok dengan Interscope. Semuanya sungguh luar biasa,” ungkap Somi.

Dalam waktu dekat, Somi akan segera kembali ke studio untuk mengerjakan materi baru sisa di tahun 2020. Ia pun berharap bisa segera tampil di depan para penggemarnya. Somi juga ingin mengembangkan dirinya sebagai penulis lagu selama waktu istirahat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement