Ahad 06 Sep 2020 04:47 WIB

Kabupaten Cirebon Alami Lonjakan Tertinggi Kasus Covid-19

Tercatat ada penambahan 49 kasus baru pada Sabtu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona  (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon mengalami lonjakan tertinggi dengan penambahan 49 kasus baru, Sabtu (5/9). Jumlah itu melebihi penambahan kasus baru yang pernah tercatat di daerah tersebut.

Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan, menyebutkan, dari 49 kasus baru tersebut, sebanyak 22 orang dirawat di berbagai rumah sakit, baik di Kabupaten Cirebon maupun Kota Cirebon. "Lainnya isolasi mandiri," ujar Nanan.

Baca Juga

Dari jenis pekerjaan pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari ini, enam di antaranya merupakan tenaga kesehatan. Yakni, empat perawat dari dua rumah sakit swasta di Kabupaten Cirebon, dan dua nakes yang bekerja di dua puskesmas di Kabupaten Cirebon.

Selain itu, adapula lima orang anggota Polri. Mereka semua dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Dilihat dari umur pasien Covid-19 baru pada hari ini, ada dua di antaranya yang merupakan balita. Mereka masing-masing berusia tiga tahun dan empat tahun, dari dua kecamatan berbeda,

"Adapula satu pasien yang meninggal dunia,’’ terang Nanan.

Pasien tersebut merupakan perempuan berusia 48 tahun, dan meninggal saat dirawat di salah satu RS swasta di Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, dengan penambahan 49 kasus baru tersebut, maka total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon hingga Sabtu (5/9) mencapai 328 orang. Dari jumlah tersebut, 210 orang dirawat di RS/menjalani isolasi mandiri, 104 orang dinyatakan sembuh dan 14 orang meninggal dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement