Senin 05 Oct 2020 14:38 WIB

ModalSaham Bantu UKM dan Starup Go Digital

ModalSaham bisa menyediakan solusi dari hulu ke hilir bai UKM dan startup.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Pengrajin menyelesaikan pembuatan perabot berbahan rotan di industri  rumahan di Jalan Raya Pasar Minggu, Kalibata, Jakarta Selatan. ModalSaham mengembangkan Venture Studio dan Inkubator untuk membantu UKM dan startup.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengrajin menyelesaikan pembuatan perabot berbahan rotan di industri rumahan di Jalan Raya Pasar Minggu, Kalibata, Jakarta Selatan. ModalSaham mengembangkan Venture Studio dan Inkubator untuk membantu UKM dan startup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Modal Saham Asia Investama atau ModalSaham telah mengembangkan lini bisnis baru, yaitu Venture Studio dan Inkubator. Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah melakukan ekspansi digital bagi UKM di tengah pandemi Covid-19.

CEO ModalSaham Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, pelaku UKM harus dipaksa menggunakan teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya. Namun masalah yang timbul adalah mereka tidak punya tim teknis TI dan mayoritas masih buta dalam dunia teknologi.

Baca Juga

"Dengan sumber daya yang ModalSaham miliki, kami bertekad untuk membantu UKM untuk Go Digital," ujar Reza, Senin (5/10).

Lini bisnis baru ModalSaham dapat memfasilitasi tim teknis TI sesuai dengan yang dibutuhkan UKM. Bahkan fasilitas ini bisa didapatkan secara gratis jika UKM tersebut bisa saling bersinergi dan menguntungkan bersama. Venture Studio yang dimiliki ModalSaham tidak hanya untuk UKM, tapi terbuka juga untuk startup yang mempunyai masalah untuk menemukan tim teknis TI yang mumpuni. 

ModalSaham juga meluncurkan inkubator sendiri yang menyediakan fasilitas advisori dan pengawasan untuk pelaku UKM dan startup sehingga dapat terus berinovasi dan menciptakan bisnis yang dibutuhkan masyarakat.

Reza melanjutkan, inkubator tersebut akan memberikan modul pelatihan kepada UKM dan startup dari seluruh lingkup bisnis meliputi pemasaran, keuangan, operasional, sumber daya manusia, dan legal. 

"Banyak hal yang dapat dibantu oleh ModalSaham untuk kemajuan UKM dan startup di Indonesia hulu ke hilir," kata Reza.

ModalSaham, kata Reza, ingin turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional masa pandemi. Hal ini agar UKM dan startup bisa terus berjuang melewati masa krisis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement