Rabu 11 Nov 2020 01:25 WIB

HRW Minta Negara G-20 Selidiki Pelanggaran HAM Arab Saudi

HRW juga minta Arab Saudi membebaskan aktivis yang ditahan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
HRW Minta Negara G-20 Selidiki Pelanggaran HAM Arab Saudi. Raja Saudi Salman berbicara selama KTT Dewan Kerjasama Teluk ke-40 di Riyadh, Arab Saudi. Raja Arab Saudi King Salman dipulangkan dari sebuah rumah sakit di ibu kota, Riyadh, setelah lebih dari seminggu setelah operasi untuk mengangkat kantung empedunya, Pengadilan Kerajaan mengatakan dalam sebuah pernyataan Kamis malam, 30 Juli 2020.
Foto: AP/Amr Nabil
HRW Minta Negara G-20 Selidiki Pelanggaran HAM Arab Saudi. Raja Saudi Salman berbicara selama KTT Dewan Kerjasama Teluk ke-40 di Riyadh, Arab Saudi. Raja Arab Saudi King Salman dipulangkan dari sebuah rumah sakit di ibu kota, Riyadh, setelah lebih dari seminggu setelah operasi untuk mengangkat kantung empedunya, Pengadilan Kerajaan mengatakan dalam sebuah pernyataan Kamis malam, 30 Juli 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Organisasi hak asasi manusia Human Rights Watch (HRW) meminta negara-negara G-20 menekan Arab Saudi agar membebaskan aktivis yang ditahan secara tidak sah. HRW juga meminta Arab Saudi bertanggung jawab atas pelanggarannya di masa lalu.

“Meskipun pemerintah Saudi terus melakukan serangan terhadap kebebasan fundamental, termasuk memenjarakan dan melecehkan para pembangkang publik dan aktivis hak asasi manusia, serangan tidak sah terhadap warga sipil di Yaman, dan mencemooh seruan internasional. Untuk pertanggungjawaban atas pembunuhan oleh agen negara dari jurnalis Saudi Jamal Khashoggi," tulis Human Rights Watch dalam sebuah pernyataan yang dikutip Aljazirah, Selasa (10/11).

Baca Juga

Dua tahun lalu, agen Saudi membunuh Khashoggi di konsulat kerajaan di Istanbul pada Oktober 2018, dan hingga saat ini tidak ada pertanggungjawaban dari pejabat senior yang terlibat dalam pembunuhannya. Di sisi lain, HRW mengatakan Arab Saudi menghabiskan miliaran dolar untuk menyelenggarakan acara hiburan, budaya dan olahraga sebagai strategi disengaja untuk menyembunyikan pelanggaran hak asasi manusia.

"G20 mendukung upaya publisitas pemerintah Saudi yang didanai dengan baik untuk menggambarkan negara itu sebagai 'reformasi' meskipun terjadi peningkatan penindasan yang signifikan sejak 2017," kata Wakil Direktur HRW untuk Timur Tengah Michael Page.

Kurang dari dua minggu sebelum KTT virtual pada 21 November, HRW mendesak anggota G20 untuk mengizinkan badan internasional yang independen menyelidiki pembunuhan Khashoggi dan meninjau semua dokumen pengadilan dari persidangan mereka yang diduga bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, yang berakhir pada September.

"Negara-negara G20 dapat membuat perbedaan dan memainkan peran penting dalam meyakinkan Arab Saudi untuk menghentikan pelanggaran hak asasi manusianya," kata Page.

Beberapa badan intelijen, termasuk CIA, dilaporkan menyimpulkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), putra Raja Salman dan penguasa de facto Saudi terlibat sebagai pemberi perintah untuk membunuh Khashoggi. Namun, Pemerintah Saudi mengklaim petugas intelijen yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu tidak terkendali.

HRW meminta negara-negara G20 membantu menghentikan upaya Arab Saudi untuk menutupi pelanggarannya dengan mendesak pembebasan semua aktivis hak asasi manusia Saudi yang dituduh melakukan pelanggaran yang tidak jelas berdasarkan aktivisme mereka. Para aktivis yang ditangkap pada 2018 silam antara lain Loujain al-Hathloul, Nassema al-Sadah, Samer Badawi, dan Nouf Abdulaziz, serta Salah Haidar, Waleed Abu al-Khair, Essam Koshak, dan Raif Badawi.

HRW juga mendesak negara-negara agar mengizinkan Kelompok Ahli Terkemuka PBB di Yaman untuk menjalankan mandatnya dengan memfasilitasi akses ke Arab Saudi dan Yaman. Koalisi militer koalisi pimpinan Saudi ikut campur dalam perang Yaman pada 2015 dalam upaya memulihkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional, yang digulingkan oleh pemberontak Houthi di ibu kota, Sanaa pada 2014. Konflik, kebuntuan militer, telah menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa. Puluhan ribu orang, kebanyakan warga sipil, telah tewas dan jutaan lainnya menghadapi kelaparan.

Sumber: https://www.aljazeera.com/news/2020/11/9/g20-hold-saudi-arabia-accountable-for-abuses-hrw-says

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement