Jumat 20 Nov 2020 16:58 WIB

Perbaikan Jalan Ungkap Pemakaman Islam Kuno di Spanyol

Penemuan ini juga bisa menjelaskan penaklukan Muslim di Semenanjung Iberia.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Perbaikan Jalan Ungkap Pemakaman Islam Kuno di Spanyol. Para pekerja menemukan pemakaman Muslim kuno dari abad delapan saat perbaikan jalan di Tauste, dekat Zaragoza di timur laut Spanyol.
Foto:

Pembukaan Eropa berawal pada 711 semasa kepemimpinan Dinasti Umayyah. Seorang sahabat Rasul, Thariq bin Ziyad, memimpin pasukan Muslim dan berhasil membuka Eropa. Dia diutus ke sana oleh Musa Bin Nushair, seorang gubernur Afrika Utara.

Bersama 7.000 pasukan, Thariq berangkat dari Afrika Utara menuju sebuah kawasan dekat gunung yang kemudian dinamakan Jabal (Gunung) Thariq, saat ini disebut dengan Gibraltar. Ia pun dengan mudah menguasainya. Dari Gibraltar, inilah kekuasaan Muslim kemudian meluas ke seluruh Semenanjung Iberia. 

Semenanjung Iberia saat itu dikuasai Kerajaan Visigothik di Hispania sejak abad kelima. Pada 710, Raja Kerajaan Visigoth, Witiza, meninggal dunia. Namun, anak-anak yang disiapkan sebagai penggantinya tak mampu berkuasa.

Alhasil, seorang kerabat jauh kerajaan, Rodrigo, mengambil alih melalui beberapa perebutan dan pemberontakan. "Rodrigo tidak memiliki waktu untuk memantapkan kekuasaannya sebelum masuknya pasukan Muslim. Tariq juga memiliki alasan yang lebih mendesak untuk merencanakan invasinya," ujar Kennedy.

Dengan mengalahkan Rodrigo, maka Thariq membawa Muslimin memasuki Eropa dengan mudah. Bahkan, menurut Hitti, setelah kemenangan atas Rodrigo, pasukan Muslimin berjalan melintasi kota-kota Spanyol dengan cukup mudah dan hampir tak mendapatkan perlawanan berarti.

 

Tak butuh waktu lama untuk Thariq menguasai Spanyol. Kota demi kota dibuka oleh pasukan Muslimin. Disebutkan Hitti, sejak berlayar pertama kali menuju Eropa pada musim semi 711, Thariq mampu menguasai separuh Spanyol hingga akhir musim panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement