Rabu 25 Nov 2020 23:04 WIB

Tokoh Lintas Agama Kecam Georgia Kecam Islamofobia Prancis

Tokoh lintas agama di Georgia menyarankan pertemuan tokoh antaragama dunia

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Tokoh lintas agama di Georgia menyarankan pertemuan tokoh antaragama dunia. Muslim Prancis protes dengan diskriminasi dan Islamofobia
Foto: actofamerika.wordpres.com
Tokoh lintas agama di Georgia menyarankan pertemuan tokoh antaragama dunia. Muslim Prancis protes dengan diskriminasi dan Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID, TBILISI – Para pemimpin agama di Georgia menekankan perlunya menghormati agama di dunia. Mereka juga mengecam gerakan Islamofobia baru-baru ini di Prancis. Hal ini disampaikan saat mereka mengadakan pertemuan di Tbilisi pekan lalu dalam rangka Hari Toleransi Internasional.

Para peserta menekankan perlunya dialog antaragama dan hubungan baik antar pemeluk agama yang berbeda. Mereka juga menyerukan toleransi untuk mempromosikan perdamaian dan hidup berdampingan di dunia, sebagaimana dilansir di laman kantor berita Ahlulbayt, Rabu (25/11).  

Baca Juga

Para tokoh agama juga mengkritik kebijakan Islamofobia dan penerbitan kartun yang menghina di Prancis. Pada 2 Oktober lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan rencana kontroversial untuk mengatasi apa yang disebutnya "separatisme Islam" di Prancis.

Macron mengklaim agama Islam berada dalam "krisis" di seluruh dunia dan berjanji untuk membebaskan Islam di Prancis dari pengaruh asing. Belakangan, Macron membela kartun penghujatan Nabi Muhammad (SAW) dan menyebut Prancis tidak akan menyerahkan kartunnya.

Hal itu disampaikan menyusul pembunuhan brutal guru sekolah menengah Samuel Paty, yang menunjukkan karikatur provokatif di kelas.

Beberapa pekan terakhir telah terjadi menyaksikan republikasi kartun yang menghina Nabi Muhammad SAW di Prancis yang memicu gelombang kemarahan dan protes di seluruh dunia Islam. Kampanye pun telah diluncurkan di beberapa negara untuk memboikot produk Prancis.

Sumber: https://en.abna24.com/news//georgian-religious-figures-criticize-french-islamophobia_1088915.html 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement