Jumat 18 Dec 2020 11:58 WIB

800 Masjid Dubai Gelar Sholat Istisqa Sebelum Sholat Jumat

Sholat dan doa minta hujan akan dilakukan 10 menit sebelum sholat Jumat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
800 Masjid Dubai Gelar Sholat Istisqa Sebelum Sholat Jumat. Masjid Palm Jumeirah, Dubai, UAE.
Foto: Wondrouspics.com
800 Masjid Dubai Gelar Sholat Istisqa Sebelum Sholat Jumat. Masjid Palm Jumeirah, Dubai, UAE.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Sekitar 800 masjid dan mushala di Dubai akan menjadi tuan rumah menggelar sholat hujan khusus Jumat (18/12) ini. Hal ini sebelumnya disampaikan oleh Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal (IACAD) Emirat.

Pengumuman tersebut mengikuti arahan yang dikeluarkan oleh Presiden, Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, yang meminta semua warga untuk berdoa memohon hujan, belas kasihan, dan kelimpahan bagi negara dan rakyatnya.

Baca Juga

Dilansir di Khaleej Times, sholat dan doa minta hujan akan dilakukan 10 menit sebelum sholat Jumat. Doa khusus dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia memohon kepada Allah Yang Maha Esa untuk berkah hujan.

Al Istisqa, sebutan untuk sholat ini, secara harfiah berarti “mencari hujan”. Secara teknis dalam syariah Islam, itu berarti memohon hujan dari Allah dalam situasi kekeringan.

Sebuah metode khusus diterapkan untuk permohonan ini. Kegiatan tersebut akan dilakukan sesuai dengan tradisi yang telah dimulai oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Direktur Jenderal IACAD, Hamad Al Sheikh Ahmed Al Shaibani, mendesak semua Muslim yang mampu untuk melaksanakan sholat hujan sesuai dengan sunnah. Adapun untuk sholat Jumat, pemerintah memutuskan bisa dilanjutkan di seluruh negeri pada 4 Desember, dengan masing-masing masjid menampung 30 persen dari total kapasitas mereka.

https://m.khaleejtimes.com/news/800-dubai-mosques-to-host-prayers-for-rain-today

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement