Rabu 23 Dec 2020 22:11 WIB

Universitas Muslim Aligarh Peringati Usia 100 Tahun

Universitas Muslim Aligarh di India peringati ke-100 tahun usianya

Kampus Universitas Aligarh, India.
Foto:

Ketika Inggris menolak untuk mengubah perguruan tinggi menjadi universitas yang lengkap, Ansari mendapat ide untuk mendirikan sebuah institusi dengan tujuan dan nilai yang sama di Turki.

Menurut diplomat senior Turki Burak Akcapar, Ansari merawat tentara Turki yang terluka dan mencurahkan tenaganya untuk mendirikan universitas muslim dengan nama Universitas Medina dengan pola Aligarh College.

Surat-surat yang ditulis oleh Ansari menunjukkan Kementerian Waqaf Turki telah menunjukkan semangat yang besar dan memuji proyek tersebut sebagai awal dari kebangkitan besar di dunia Islam.

Tanah seluas 65.000 hektar di dekat stasiun kereta api di Ankara dan 45.000 hektar di Adana telah disiapkan.

Bahkan telah dibicarakan, universitas tersebut dapat mendirikan kampusnya di Bursa dan Konya. Oleh karena itu, tanah seluas 20.000-25.000 hektar telah disiapkan di kota-kota ini juga.

Mereka juga merancang pendirian universitas tersebut dari tokoh-tokoh seperti penyair-filsuf dunia Muslim Muhammad Iqbal, Shibli Nomani, dan beberapa intelektual Turki terkemuka untuk membuat kurikulum universitas. Namun proyek tersebut tidak berjalan lancar.

“Meskipun proyek tersebut dibatalkan, niat untuk mendirikannya dapat dilihat sebagai manifestasi dari pan-Islamisme internasionalis dan modernis, yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kekayaan dunia Muslim melalui pendidikan,” kata Akcapar, yang juga penulis buku “Misi Rakyat Kekaisaran Ottoman”.

Pada 1920, Inggris setuju untuk meningkatkan perguruan tinggi Aligarh menjadi universitas, sehingga memenuhi tujuan dan konsep Ansari. Universitas tersebut mengadopsi tradisi pakaian topi dan mantel Turki sebagai pakaian resminya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement