Jumat 15 Jan 2021 20:04 WIB

Pakistan Beri Dukungan Pembangunan Azerbaijan di Karabakh

PM Pakistan menyampaikan selamat yang tulus kepada para pemimpin dan rakyat Azerbaijan atas keberhasilan membebaskan Karabakh - Anadolu Agency

PM Pakistan menyampaikan selamat yang tulus kepada para pemimpin dan rakyat Azerbaijan atas keberhasilan membebaskan Karabakh - Anadolu Agency
PM Pakistan menyampaikan selamat yang tulus kepada para pemimpin dan rakyat Azerbaijan atas keberhasilan membebaskan Karabakh - Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD - Pakistan pada Kamis meyakinkan Azerbaijan bahwa mereka akan memberikan dukungan rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayah Karabakh yang dibebaskan dari pendudukan Armenia.

Pernyataan tersebut diberikan oleh Perdana Menteri Imran Khan kepada Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov yang sedang berkunjung ke ibu kota Islamabad, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor perdana menteri.

Baca Juga

PM Pakistan menyatakan kepuasannya atas hubungan politik bilateral yang luar biasa dan menekankan pentingnya meningkatkan perdagangan bilateral dan kerja sama energi antara kedua negara.

Khan juga menyampaikan ucapan selamatnya yang tulus kepada para pemimpin dan rakyat Azerbaijan atas keberhasilan baru-baru ini dalam membebaskan wilayahnya.

Bayramov juga menyampaikan salam hangat dari Presiden Azerbaijan Ilhan Aliyev kepada Khan dan menyatakan terima kasih atas dukungan Pakistan pada konflik Nagorno-Karabakh.

Pejabat Azerbaijan itu menegaskan kembali dukungan dan solidaritas yang konsisten dari negaranya dalam perselisihan Jammu dan Kashmir, menurut pernyataan tersebut.

Bayramov tiba di Islamabad dalam kunjungan dua hari untuk menghadiri pertemuan trilateral Pakistan-Turki-Azerbaijan kedua yang diadakan di Islamabad pada Rabu malam.

Menlu Azerbaijan juga bertemu dengan Presiden Arif Alvi, dia juga mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyatnya atas pembebasan Nagorno-Karabakh dan menegaskan kembali dukungan Pakistan untuk keutuhan wilayah Azerbaijan.

"Pakistan sangat menghargai hubungannya dengan Azerbaijan yang didasarkan pada kesamaan keyakinan, sejarah dan hubungan budaya," kata presiden Pakistan.

Dia memuji peran Azerbaijan sebagai anggota Kelompok Kontak OKI untuk Jammu dan Kashmir, Alvi berterima kasih kepada Baku atas dukungannya kepada masyarakat di “Jammu dan Kashmir yang diduduki secara ilegal oleh India”.

Pembicaraan tingkat delegasi

Kemudian, Bayramov mengadakan pembicaraan tingkat delegasi dengan Menlu Pakistan Shah Mahmood Qureshi di gedung Kementerian Luar Negeri.

Qureshi menyambutnya di kantornya dan kedua belah pihak meninjau hubungan Pakistan-Azerbaijan dan bertukar pandangan tentang masalah regional dan internasional, kata Kementerian Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Kedua belah pihak menegaskan kembali tekad mereka untuk meningkatkan kerja sama secara komprehensif di bidang politik, keamanan, perdagangan dan ekonomi, energi, konektivitas, pendidikan, dan budaya.

Qureshi memberi selamat kepada sejawatnya itu atas kemenangan bersejarah Azerbaijan baru-baru ini dalam konflik Nagorno-Karabakh dan menyatakan dukungannya untuk kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi di wilayah yang baru dibebaskan itu.

Mengekspresikan kepuasan atas keberhasilan pertemuan trilateral kedua Pakistan-Turki-Azerbaijan, Qureshi menggarisbawahi bahwa kerja sama trilateral dapat ditingkatkan melalui proyek-proyek tertentu.

Kedua menteri luar negeri itu juga menandatangani nota kesepahaman kerja sama di bidang kondisi darurat dan bencana.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pakistan-berikan-dukungan-pembangunan-azerbaijan-di-karabakh/2110599
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement