Ahad 21 Feb 2021 14:42 WIB

Burung Cerdas yang Ajari Manusia dan Diabadikan Alquran

Penelitian ungkap gagak mempunyai kecerdasan luar biasa

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Penelitian ungkap gagak mempunyai kecerdasan luar biasa. Seekor burung gagak Ilustrasi
Foto: AP Photo/Vahid Salemi
Penelitian ungkap gagak mempunyai kecerdasan luar biasa. Seekor burung gagak Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Hewan burung pada umumnya tidak dianggap sebagai hewan yang pintar, bahkan menyebut seseorang "berotak burung" sering dianggap sebagai konotasi untuk merendahkan orang. 

Namun, ternyata justru hewan ini yang dikirimkan Allah SWT untuk mengajari manusia pada masa awal keberadaannya. Allah berfirman dalam surat Al-Ma’idah ayat 31:

Baca Juga

 فَبَعَثَ ٱللَّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِى ٱلْأَرْضِ لِيُرِيَهُۥ كَيْفَ يُوَٰرِى سَوْءَةَ أَخِيهِ ۚ قَالَ يَٰوَيْلَتَىٰٓ أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُونَ مِثْلَ هَٰذَا ٱلْغُرَابِ فَأُوَٰرِىَ سَوْءَةَ أَخِى ۖ فَأَصْبَحَ مِنَ ٱلنَّٰدِمِينَ 

Artinya: "Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal."

Dilansir dari About Islam, Sabtu (20/2), sebuah penelitian terbaru ternyata menunjukkan gagak berada pada posisi teratas dalam kecerdasan hewan. Hewan yang oleh banyak budaya dianggap sebagai pertanda nasib buruk dan kematian. 

Majalah Scientific American menerbitkan hasil penelitian ilmuwan Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar dari Universitas Vermont, Kanada dan Universitas St Andrews, Skotlandia yang menunjukkan kemampuan mental burung gagak yang luar biasa. 

"Burung-burung ini menggunakan logika untuk memecahkan masalah dan beberapa dari kemampuannya bahkan melebihi kemampuan kera besar," kata penelitian tersebut.  

Dalam eksperimen mereka, gagak diberi tugas...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement