Selasa 23 Feb 2021 13:35 WIB

Delapan Masjid Bersejarah Iran Dijadikan Warisan Nasional

Masjid-masjid tersebut berasal dari era sejarah yang berbeda.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Delapan Masjid Bersejarah Iran Dijadikan Warisan Nasional. Masjid Nasir al Molk di Iran
Foto:

Uraman dianggap sebagai tempat lahir seni dan budaya Kurdi sejak dahulu kala. Pirshalyar, yang dinamai menurut nama tokoh lokal legendaris, adalah salah satu perayaan dan ritual terhormat yang dilakukan setiap tahun di seluruh wilayah.

Membentang di lereng curam di distrik pedesaan Uraman Takht di Kabupaten Sarvabad, desa ini adalah rumah bagi deretan rumah yang padat dan seperti anak tangga dengan cara di mana atap setiap rumah membentuk halaman di atas, sebuah fitur yang menambah pesona dan daya tarik.

"Lanskap budaya mencakup 300 desa dan dalam hal arsitektur dan lanskap, ini adalah salah satu warisan terindah dan rapi di dunia," ujarnya.

Iran menyerahkan berkas PBB untuk lanskap budaya Uraman pada 2019. Sekitar delapan puluh ahli di berbagai bidang menyusun dan mengembangkan berkas dalam hal antropologi, arkeologi dan sejarah, ilmu alam, arsitektur, dokumen sejarah, dan bidang terkait lainnya.

Pejabat lokal percaya bahwa prasasti properti pada daftar bergengsi badan PBB dapat memicu pariwisata di wilayah tersebut dan juga melihatnya sebagai alat untuk konservasi yang lebih baik dari lanskap alam dan pemandangan budaya yang unik untuk generasi berikutnya. Tekstur, arsitektur, gaya hidup, dan pertanian adalah contoh nyata dari integrasi manusia ke alam.

 

https://www.tehrantimes.com/news/458425/Eight-historical-mosques-made-national-heritage

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement