Sabtu 27 Feb 2021 02:09 WIB

Konsumsi Harian Masyarakat Dinilai Belum Bergizi Seimbang

Secara nasional rata-rata konsumsi energi dan protein sudah di atas standar kecukupan

Sayuran hijau bantu jaga kesehatan mata (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Sayuran hijau bantu jaga kesehatan mata (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan mencatat hanya satu dari 10 penduduk Indonesia yang cukup mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Dhian P Dipo mengatakan masyarakat Indonesia cenderung cukup mengonsumsi energi dan protein, namun cenderung sangat sedikit yang mengonsumsi sayur dan buah dengan cukup.

Baca Juga

"Buah dan sayur memberikan sumbangan vitamin dan mineral yang penting untuk kelancaran fungsi tubuh, menjaga imunitas dan tentunya juga menjaga tubuh tetap sehat bebas anemia. Kondisi ini memperlihatkan bahwa konsumsi harian kita masih belum bergizi seimbang," kata Dhian.

Secara nasional rata-rata konsumsi energi dan protein sudah di atas standar kecukupan gizi. Namun demikian, perbaikan pola konsumsi harian masih perlu ditingkatkan ke arah yang lebih baik, di mana kecenderungan mengonsumsi makanan berisiko kesehatan seperti makanan tinggi gula, garam dan lemak meningkat, serta hanya satu dari 10 orang penduduk Indonesia yang cukup konsumsi sayur dan buahnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement