Ahad 28 Feb 2021 00:29 WIB

Sandiaga Dorong Pengembangan Sektor Parekraf di Sulbar

Sulawesi Barat juga memiliki berbagai macam event.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Andi Nur Aminah
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia
Foto: Pemprov Bangka Belitung
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Barat. “Kami bersama Gubernur Sulbar telah berkomitmen mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulbar. Mengingat wilayah ini memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat besar untuk dapat dikembangkan,” ujarnya dalam Siaran Pers, Rabu (24/2).

Beberapa potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdapat di Sulawesi Barat, antara lain wisata alam yang terletak di Pulau Balabalakang dan Pulau Karampuang. Pulau ini biasa digunakan untuk diving ataupun snorkeling, wisata mangrove di kota Mamuju, Tari Sayyang Pattu’du atau kuda menari, kulinernya berupa kopi terbaik yang ada di kabupaten Mamasa, serta berbagai potensi lainnya.

Baca Juga

“Di Indonesia ada lebih dari 30 juta pekerja di bidang parekraf. Saya rasa di Sulbar juga cukup tinggi angka masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu, kita harus gerak cepat, gerak bersama dalam mengembangkan sektor parekraf di Sulbar,” katanya.

Dari sisi atraksi wisata, Sulawesi Barat juga memiliki berbagai macam event seperti Festival Sandeq Race, Festival Kota Tua Majene, Festival Gandang Dewata di Mamasa, Festival Bumi Lalla Tasisara di Mamuju Tengah, Festival Banua Kayyang di Polman, dan sebagainya.

“Festival tersebut nantinya akan kita kurasi terlebih dahulu untuk dapat dijadikan Calender of Event atau yang sekarang ini kita sebut Kharisma Event Nusantara,” kata dia.

Ia mengatakan, kharisma event nusantara ini merupakan program Kemenparekraf yang bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendorong festival atau event daerah yang bisa diangkat ke taraf internasional. Dalam menggelar event atau festival di tengah pandemi, Menparekraf mengimbau harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Untuk itu, Menparekraf akan memastikan penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability) di Sulbar berjalan dengan baik.

“Di Sulawesi Barat terdapat 152 hotel dan 276 restoran, nanti akan kita check kepatuhannya terhadap protokol kesehatan CHSE. Karena saat ini, bukan lagi going or not going, bukan doing or not doing, tapi how to do it dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap dengan adanya kolaborasi bersama Gubernur Sulawesi Barat ini, bisa membangkitkan sektor pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif. Serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement