Senin 01 Mar 2021 12:35 WIB

AI ini Bisa Menghidupkan Foto Orang yang Sudah Meninggal

Perusahaan meluncurkan fitur Deep Nostalgia untuk menganimasikan foto.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kecerdasan buatan/ilustrasi
Foto: wordpress.com
Kecerdasan buatan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA --Anda pernah nonton film Harry Potter? Dalam film itu ada adegan digambarkan bahwa foto-foto yang ada di dinding sekolah Harry tersenyum seperti tampak hidup.

Kini, sebuah perusahaan melakukan itu di dunia nyata. Perusahaan silsilah MyHeritage meluncurkan fitur Deep Nostalgia awal pekan ini. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah gambar diam menjadi video pendek yang menunjukkan orang dalam foto itu tersenyum, mengedipkan mata dan mengangguk.

Baca Juga

“Melihat wajah leluhur kita tercinta menjadi hidup memungkinkan kita membayangkan bagaimana mereka sebenarnya dan memberikan cara baru yang dalam untuk terhubung dengan sejarah keluarga kita,” kata pendiri MyHeritage Gilad Japhet dalam sebuah pernyataan.

Dikembangkan dengan perusahaan visi komputer Israel D-ID, Deep Nostalgia menggunakan algoritma pembelajaran mendalam untuk menganimasikan gambar dengan ekspresi wajah yang didasarkan pada karyawan MyHeritage. Beberapa pengguna perusahaan turun ke Twitter pada Jumat (26/2) untuk membagikan gambar animasi dari kerabat mereka yang telah meninggal, serta penggambaran tokoh-tokoh sejarah yang bergerak, termasuk Albert Einstein dan Ratu Nefertiti Mesir Kuno yang hilang.

“Ini mengagumkan. Ini kakek saya yang meninggal ketika saya berusia delapan tahun. @MyHeritage menghidupkannya kembali. Benar-benar gila,” tulis pengguna Twitter Jenny Hawran, dilansir dari Japan Today, Senin (1/3).

Dari chatbot hingga virtual reality, alat ini merupakan inovasi terbaru yang berupaya menghidupkan orang mati melalui teknologi. Tahun lalu, rapper AS Kanye West memberi hadiah pada istrinya, Kim Kardashian sebuah hologram dari mendiang ayahnya yang memberi selamat kepadanya di hari ulang tahunnya dan menikahi “pria paling, paling, paling, paling, paling jenius di seluruh dunia”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement