Senin 22 Mar 2021 02:30 WIB

5 Langkah Agar Bacaan Alquran Kita Lebih Berdampak

Alquran akan memberikan dampak manfaat bagi para pembacanya

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran akan memberikan dampak manfaat bagi para pembacanya. Ilustrasi membaca Alquran
Foto: Anadolu/Eko Siswono Toyudho
Alquran akan memberikan dampak manfaat bagi para pembacanya. Ilustrasi membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada banyak manfaat baik di dunia ataupun di akhirat kelak bagi mereka yang membaca Alquran.  

Dengan membaca Alquran, umat Muslim mendapat banyak manfaat di akhirat, misalnya sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

Baca Juga

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ “Bacalah Alquran karena dia akan datang pada hari Kiamat sebagai juru syafaat bagi pembacanya,” (HR Muslim). 

Kendati demikian, ada tata krama eksternal dan rahasia tersembunyi dari membaca Alquran seperti dilansir About Islam, Ahad (21/3):

 

1. Rasakan kebesaran Allah melalui firman-Nya

Saat Anda membaca Alquran, Anda akan merasakan kehebatan Allah melalui ayat-ayat-Nya. Mulai dari langit dan bumi, semua jin, manusia, hewan, dan tumbuhan. Anda ingat bahwa Allah merupakan Pencipta dari semua makhluk, bagi yang mati dan hidup. Selain itu, Anda bisa merasakan sifat-Nya, keindahan-Nya, dan kebijaksanaan-Nya.

2. Renungkan Alquran

Renungkan makna setiap ayat Alquran yang Anda baca. Setelah itu, baca ulang ayat itu. Jangan sampai Anda sembrono saat membacanya. Sebab, salah satu tujuan dari mengaji adalah meningkatkan kontemplasi.  Ali bin Abi Thalib mengatakan tidak ada kebaikan dalam tindakan ibadah tanpa pemahaman atau dalam pembacaan yang tidak memiliki kontemplasi.

3. Dari mengaji akan menghasilkan ilmu pengetahuan

Mengaji akan membuat Anda mendapat banyak pelajaran bahkan dari setiap ayat-ayatnya. Ada beberapa kategori yang dapat dipelajar dari Alquran, yaitu pengetahuan tentang Sang Pencipta Allah SWT, pengetahuan tentang tuntunan jalan yang lurus bisa berupa kasih sayang sesama umat manusia, pengetahuan tentang musuh, dan pengetahuan tentang kehidupan para rasul. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement