Sabtu 03 Apr 2021 05:25 WIB

Nasib Haji Tahun Ini Masih Misteri

Ada kekhawatiran dari calon jamaah jika haji batal atau dibatasi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Afghanistan . Jamaah haji berdoa di Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi.
Foto: Amr Nabil/AP
Afghanistan . Jamaah haji berdoa di Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, KABUL -- Kementerian Haji dan Agama Afghanistan mengatakan nasib haji yang akan datang masih belum diketahui. Sampai saat ini, masih tidak ada informasi yang disampaikan oleh Arab Saudi.

Akibat Covid-19 yang menyerang dunia, tahun lalu ibadah haji sangat dibatasi. Hanya beberapa ribu orang yang tinggal di Saudi yang mendapatkan izin melaksanakan rukun Islam kelima ini.

Baca Juga

Dikutip di Pajhwok, Jumat (2/4), Juru Bicara Kementerian Haji dan Agama Afghanistan Fazal Mohammad Hussaini, menyebut Saudi akan mengirim delegasi dari negara-negara Islam ke Arab Saudi setiap tahun untuk membahas haji dan masalah lainnya.

Delegasi ini nantinya akan menandatangani kontrak dengan perusahaan swasta di Arab Saudi yang menyediakan layanan transportasi, akomodasi, dan makanan bagi jamaah. Menurut Husseini, negara-negara yang bersangkutan juga akan mengerjakan pemindahan jamaah, vaksinasi, penerbangan, serta kebutuhan lain selama pelaksanaan haji.

 

Meski demikian, hingga saat ini masih belum ada kontrak yang dibuat oleh Afghanistan atau negara lainnya dengan Saudi. Sejauh ini Saudi juga belum membuat keputusan akhir. "Melihat ke beberapa tahun terakhir, prosesnya seharusnya dimulai sebelum Ramadhan, tetapi sejauh ini tidak ada yang dilakukan terkait hal ini," ujarnya.

Ia tak menampik jika ada kekhawatiran di tengah umat Muslim, jika tahun ini ibadah haji tidak akan digelar lagi bagi jamaah internasional atau dibatasi. Meski waktunya singkat, Husseini optimistis Saudi dapat secepatnya membuat keputusan terkait haji. Kementerian Haji dan Agama Afghanistan juga disebut siap melakukan tugasnya secepat mungkin.

Duta Besar Afghanistan untuk Arab Saudi Ahmad Javed Mujaddedi, mengatakan pemerintah belum membuat keputusan akhir tentang haji. Di sisi lain, gelombang kedua Covid-19 di Arab Saudi sudah terkendali. Hanya 10 hingga 20 orang dalam sehari yang dilaporkan terinfeksi.

Namun demikian, dalam dua pekan terakhir jumlah penderita Covid-19 kembali mencapai ratusan setiap harinya. "Saya menghubungi Menteri Haji Saudi beberapa hari lalu. Dia mengatakan mereka menunggu keputusan dari kementerian kesehatan," kata Mujaddidi.

Duta Besar Afghanistan juga mengatakan dia telah menghubungi para pejabat Saudi. Mereka akan segera memberi informasi tentang setiap keputusan baru terkait ibadah haji tahun ini.

https://pajhwok.com/2021/04/01/fate-of-this-years-hajj-remains-unknown-ministry/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement