Rabu 07 Apr 2021 19:15 WIB

Masjid Syeikh Ajlin Kembali Dibangun, Ridwan Kamil Terharu

Desain Masjid Syeikh Ajlin dirancang khusus oleh Ridwan Kamil sendiri.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil).
Foto:

"Jadi emosional karena situasinya sulit bisa membayangkan bertahun-tahun tidak salat di masjid. Karena tidak ada tempat. Jadi sebelum saya desain shalatnya di tenda kawinan saking daruratnya, kena hujan kena angin tapi mereka tetap shalat berjamaah," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (7/4).

Emil berharap, peristiwa bersejarah ini menguatkan kebaikan dan tak ada batas politik. Masjid tersebut, menurut Emil, dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan hubungan seorang muslim antara dengan ilahi, manusia dan alam. Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik.

"Makanya ada struktur yang tinggi di tengah habluminallah, kanan hablumminannas dan hablumminal alam. Bahwa kita harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, manusia dan mencintai alam," paparnya.

Masjid tersebut, kata dia, akan dibangun tiga lantai, tak hanya untuk tempat shalat, juga akan menjadi tempat belajar atau madrasah. Emil berharap, bisa merestorasi fungsi masjid ini seperti sedia kala.

 

"Itulah kenapa sebelum dihancurkan pada 2014 sudah ribuan penghafal Quran lulus dari masjid Syaikh 'Ajlin yang lama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement