Selasa 04 May 2021 05:45 WIB

Allah Memperkenalkan: Setan Musuh Manusia

Ada tiga resep dari Rasulullah agar manusia terhindar dari setan.

Allah Memperkenalkan: Setan Musuh Manusia
Foto: pixabay
Allah Memperkenalkan: Setan Musuh Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Lutfi Effendi

Ramadhan telah tiba, kembali kami tampilkan uraian singkat tentang Al Qur’an sebagai tadarus singkat selama bulan Ramadhan. Tadarus ini, meneruskan tulisan sejenis yang diupload Ramadhan tahun lalu. Moga Bermanfaat.

Baca Juga

Pada tulisan kali ini, masih ditampilkan Qs Al Baqarah ayat 36:

فَاَزَلَّهُمَا الشَّيْطٰنُ عَنْهَا فَاَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيْهِ ۖ وَقُلْنَا اهْبِطُوْا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۚ وَلَكُمْ فِى الْاَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيْنٍ

Fa azallahumasy-syaiṭānu ‘an-hā fa akhrajahumā mimmā kānā fīhi wa qulnahbiṭụ ba’ḍukum liba’ḍin ‘aduww, wa lakum fil-arḍi mustaqarruw wa matā’un ilā ḥīn

Lalu setan memperdayakan keduanya dari surga sehingga keduanya dikeluarkan dari (segala kenikmatan) ketika keduanya di sana (surga). Dan Kami berfirman, “Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain. Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan.” (Qs Al Baqarah 36).

Akibat diberdaya setan, dalam hal ini Iblis atau ada yang menyebut azazil, maka Adam dan istrinya mendapat hukuman keluar dari surga dan turun ke bumi. Tidak hanya Adam dan istrinya yang harus turun ke bumi, iblis juga harus turun ke bumi.

Mereka akan menjadi musuh antara yang satu dengan yang lain. Antara iblis dan anak turunnya dengan Adan dan anak turunnya.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement