Senin 24 May 2021 05:41 WIB

Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Sejarah Yahudi dari Nabi Ibrahim

Alquran dan hadits telah memberikan informasi valid tentang keturunan Yahudi.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Sejarah Yahudi dari Nabi Ibrahim. Pandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat.
Foto: AP / Oded Balilty
Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Sejarah Yahudi dari Nabi Ibrahim. Pandangan pemukiman Yahudi Tepi Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Adi Hidayat (UAH) menjelaskan sejarah asal-usul umat Yahudi atau bani Israel. Menurut dia, Alquran dan hadits-hadits Nabi SAW telah memberikan informasi valid tentang keturunan umat Yahudi.

“Edisi kali ini kita belajar bagaimana Alquran, hadits-hadits nabi SAW memberikan informasi yang valid kepada kita tentang keturunan dari umat Yahudi, perilaku-perilakunya, dan juga diksi-diksi Alquran yang sangat indah, yang bahkan mengajak seluruh manusia, terkhusus juga dari kalangan umat Yahudi untuk kembali ke jalan-jalan kebenaran,” ujarnya saat menyampaikan Sejarah Yahudi melalui akun Youtube resminya, Ahad (23/5).

Baca Juga

Untuk menelusuri asal-asul Yahudi, UAH telebih dahulu menjelaskan tentang geneologi atau garis keturunan Yahudi, baik ke atas maupun ke bawah. Setelah itu, menurut dia, nanti akan ditemukan tentang perjalanan umat Yahudi maupun karakteristiknya.

Untuk mengungkap asal usul umat Yahudi, UAH memulainya dari Nabi Ibrahim. Jalur keturunan ke atas dari Nabi Ibrahim, menurut dia, ada nama Adzar, Tarrukh, Abir, Qinan, Arfakhsyad, Sam, dan Nabi Nuh. Kemudian, Nabi Nuh memiliki empat anak, yaitu Qan’an, Sam, Ham, dan Yafits.

Selain Qan’an, menurut dia, ketiga anak Nabi Nuh inilah yang ikut naik ke kapal besar saat terjadi banjir besar. Kemudian, menurut dia, mereka melahirkan keturunan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement