Kamis 03 Jun 2021 06:46 WIB

Pilpres 2024, Pengamat: Airlangga-Anies Punya Kelebihan

Airlangga dan Anies dinilai selaing melengkapi dan memiliki basis massa kuat

Rep: Febrianto A Saputro/ Red: Elba Damhuri
Pilpres 2024 masih lama namun sejumlah nama sudah masuk menjadi kandidat kuat capres.
Foto:

Hasto menegaskan PDIP tidak cocok dengan sejumlah partai seperti Partai Golkar, PKS, Nasdem, dan Partai Demokrat. Dengan demikian, peluang koalisi Airlangga-Anies dinilai semakin terbuka.

Namun, langkah Gubernur DKI Jakarta itu untuk bisa diusung sebagai capres dirasa masih agak sulit karena tak ada dukungan partai politik di belakangnya. Oleh karena itu, Anies dirasa perlu membuka diri kepada partai politik agar tetap miliki potensi untuk diusung.

"Sangat baik jika Anies mulai membuka diri untuk merapat ke parpol, bisa PKS atau Nasdem. Dua parpol ini punya kesan terbuka menerima tokoh nonkader untuk diusung," tutur Dedi.

PKS sendiri mengisyaratkan mendukung Anies untuk maju dalam Pilpres 2024. Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyebut Anies memiliki potensi menang pada Pilpres 2024. 

"Kita melihat memang ada potensi yang sangat besar pada Pak Anies (menangi Pilpres 2024)," kata Ahmad Syaikhu di Banda Aceh, pekan lalu.

Keyakinan Syaikhu terhadap Anies karena ia melihat beberapa hasil survei dari lembaga survei menunjukkan dan menghasilkan peringkat yang baik untuk mantan jubir kampanye Presiden Jokowi itu. 

"Peringkat survei Anies kalau tidak kesatu, kedua, atau ketiga, ya seperti itu, dan Pak Anies selama ini selalu bersama PKS sejak jadi Gubernur DKI," kata Syaikhu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement