Kamis 22 Jul 2021 10:10 WIB

KH Zainuddin MZ, Kisah Sang Dai Sejuta Umat (I)

Media massa mendaulatnya sebagai Dai Sejuta Umat.

KH Zainuddin MZ
Foto:

Namun, perempuan ini lantas ditinggal wafat suaminya. Dalam rentang waktu yang lama, Zainabun sempat menyandang status janda, tetapi kemudian menikah lagi dengan seorang karyawan Peruri. Pernikahan yang ketiga ini terjadi ketika Zainuddin telah beranjak dewasa.

Dengan latar keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi, Udin tumbuh menjadi pribadi yang tangguh. Sering kali dia membantu ibunya berjualan kecil-kecilan. Pendidikan dasarnya diperoleh di SD Kramat Pela.

Sebagai murid, Udin termasuk cemerlang. Hal itu dibuktikan antara lain dengan akselerasi yang disarankan gurunya. Jadilah dirinya lompat satu tingkat, yakni dari seharusnya naik ke kelas tiga menjadi kelas lima. 

Pada 1964, Udin lulus SD. Cita-citanya tinggi, seperti umumnya anak-anak Jakarta, ingin menjadi pilot atau dokter. Namun, kakeknya tidak melihat pendidikan formal penting untuk masa depan.

"Lihat encing (paman) lu yang lulus SMA. Ijazahnya kagak laku. Gua kapok masukin anak ke SMP atau SMA,"katanya. Mendengar itu, Udin hanya bisa diam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement