Kamis 26 Aug 2021 13:45 WIB

Ribuan Ibu Hamil di Kalteng Mendapat Vaksin Covid-19

Target sasaran ibu hamil yang akan divaksinasi Covid-19 sebanyak 1.398 orang

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran beserta Forkopimda melakukan Peninjauan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Kalteng, bertempat di  Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (26/8).
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran beserta Forkopimda melakukan Peninjauan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Kalteng, bertempat di Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran beserta Forkopimda melakukan Peninjauan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Kalteng, bertempat di  Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (26/8). Vaksinasi tingkat Provinsi Kalteng dilaksanakan terpusat di Kota Palangka Raya.

Sasaran vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Kota Palangka Raya sebanyak 200 orang. Namun antusias masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi sangat banyak sehingga melebihi target yakni sebanyak 300 orang lebih.

Baca Juga

Adapun vaksinatornya terdiri dari tim RSUD, Dokkes, TNI dan Dinkes Provinsi Kalteng. Semua ibu hamil yang divaksinasi mendapat bantuan sembako dan vitamin dari Gubernur  dan ketua TP PKK Provinsi  Kalteng.

Disela-sela peninjauan, Gubernur menyampaikan bahwa ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan yang akan memiliki risiko lebih berat apabila terinfeksi Covid-19 atau virus corona, sehingga perlu menjadi prioritas penerima vaksin. Selain itu, efek lain dari ibu hamil yang terkena virus corona adalah terjadinya peningkatan angka kematian bayi, terutama karena problem prematuritas akibat harus dilahirkan lebih cepat.

Sugianto Sabran mengutarakan sesuai arahan Presiden RI,  pada tanggal 19 Agustus 2021 lalu, Pemerintah telah mendeklarasikan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Pencanangan kali ini terasa spesial, karena berlangsung pada bulan Agustus yang merupakan momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga : Kejar Herd Immunity, 400 Disabilitas Bogor Divaksinasi

“Pada hari ini Kamis, 26 Agustus 2021, Provinsi Kalimantan Tengah juga melaksanakan Pencanangan secara serentak di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, yang diikuti melalui Video Conference, dengan target sasaran ibu hamil yang akan divaksinasi Covid-19 sebanyak 1.398 orang dari 48.291 jumlah sasaran ibu hamil se-Kalimantan Tengah,” ujar Gubernur.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran beserta Forkopimda melakukan Peninjauan Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Kalteng, bertempat di Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (26/8). - (Pemprov Kalteng)

 

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap dengan adanya pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil pada hari ini, diharapkan dapat mengedukasi para ibu hamil akan pentingnya vaksinasi. Tujuannya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu hamil akibat Covid-19 di Kalteng.

Hadir dalam peninjauan diantaranya Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Pj. Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin,, Kepala Dinkes Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait serta Forkopimda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement