Senin 30 Aug 2021 06:13 WIB

Orang Berilmu Tapi Fasik Lebih Awal Disiksa

Bersikaplah tawadhu dengan ilmu yang dimiliki.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Orang Berilmu tapi Fasik Lebih Awal Disiksa
Foto: AP Photo/Eranga Jayawardena
Orang Berilmu tapi Fasik Lebih Awal Disiksa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika seseorang telah memperoleh ilmu, hendaklah mengamalkan ilmu tersebut. Bersikaplah tawadhu dengan ilmu yang dimiliki, serta mengupayakan untuk terus menambah kedekatan kepada Allah.

Jangan sampai setelah memperoleh ilmu, justru malah menyepelekan perbuatan dosa. Atau bahkan mencari-cari dalih sehingga suatu perbuatan yang melanggar syariat terlihat seperti tidak melanggar syariat. 

Baca Juga

Sebab orang-orang yang memiliki ilmu, namun fasik itu akan memperoleh siksaan di akhirat. Bahkan siksaan yang diterimanya itu didahulukan dibanding orang-orang jahiliyah penyembah berhala. 

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan Imam Thabrani: 

 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اَلزَّبَانِيَةُ أَسْرَعُ اِلَى فَسَقَةِ الْقُرَّاءِ مِنْهُمْ اِلَى عَبَدَ ةِ الْاَوْثَانِ. فَيَقُوْلُوْنَ يُبْدَأُبِنَاقَبْلَ عَبَدَةِ الْاَوْثَانِ؟ فَيُقَالُ لَهُمْ لَيْسَ مَنْ يَعْلَمُ كَمَنْ لَا يَعْلَمُ.

Nabi Muhammad bersabda: Para malaikat zabaniyah lebih mempercepat menyiksa para ulama yang fasik daripada menyiksa orang-orang musyrik penyembah berhala. Maka bertanya para ulama yang fasik itu: Mengapa kami yang didahulukan sebelum orang-orang penyembah berhala? Lalu dijawab pada ulama fasik itu; tidaklah orang-orang yang tahu itu seperti orang-orang yang tidak tahu. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement