Sabtu 04 Sep 2021 23:00 WIB

Bentuk Ujian Manusia Banyak dan Beragam

Manusia akan dihadapkan dengan beberapa ujian dan tantangan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berdoa.
Foto:

Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang Allah kehendaki baik, Dia membuat dia menderita beberapa penderitaan" (Al-Bukhari).

Dalam riwayatnya, Abu Hurairah RA mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, “Seorang Muslim, laki-laki atau perempuan, terus berada dalam cobaan dalam hal kehidupan, harta benda, dan keturunannya sampai dia menghadap Allah Ta'ala, tanpa catatan dosa" (At-Tirmidzi).

Hadits-hadits di atas tidak boleh disalahartikan sebagai seruan kepada fatalisme dan kekalahan. Pesan yang disampaikan hadis adalah bahwa setiap Muslim harus menghadapi kesulitan dan bersiap untuk menghadapinya, kata Muhammad Fathi, mantan Imam dan guru di Quran Institute of America.

“Oleh karena itu, orang sebisa mungkin dapat menghadapi kesulitan dengan hati yang berani, mempercayai kebijaksanaan Allah dan percaya pada rahmat-Nya, dan menyadari bahwa tes ini bermanfaat. Bukan dengan berkubang dalam kesulitan atau kesedihan seorang diri,” sambungnya. 

Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang yang lemah, dan keduanya adalah baik.

Ikuti apa yang bermanfaat bagi Anda. Teruslah meminta pertolongan kepada Allah dan jangan menahan diri darinya. (Jika kamu ditimpa musibah), janganlah kamu mengatakan: 'Seandainya aku mengambil langkah ini atau itu, maka akibatnya akan begini dan begitu,' tetapi katakan saja: 'Allah telah menentukan dan melakukan apa yang Dia kehendaki.' kata 'jika' membuka gerbang setan (pikiran)” (Muslim).

Hadits ini sejalan dengan peringatan Nabi kepada sepupunya Ibn `Abbas RA bahwa di balik kesabaran akan ada kemenangan, dan di balik kesulitan ada kemudahan. Allah SWT berfirman, “Dan musibah apapun yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).” (Asy-Syura 42:30) 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement