Senin 06 Sep 2021 19:33 WIB

Israel Buru Narapidana Palestina Kabur dari Penjara

Enam narapidana Palestina kabur dari penjara Israel

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Salah seorang tahanan Palestina di penjara Israel (ilustrasi).
Foto: Presstv.ir/ca
Salah seorang tahanan Palestina di penjara Israel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Media dan kepolisian Israel mengumumkan enam orang narapidana Palestina kabur dari penjara penjagaan ketat Israel. Para narapidana itu diidentifikasi sebagai anggota milisi bersenjata.

Laporan menyebutkan lima orang tahanan anggota gerakan Jihad Islam. Sementara, satu orang lagi mantan komandan kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan Partai Fatah yang berkuasa di Palestina.

Baca Juga

Media-media Israel melaporkan enam orang narapidana itu tinggal di satu sel yang sama. Mereka kabur dengan menggali terowongan dari penjara Gilboa yang terletak di sebelah utara Israel.

"Semalam kami menerima sejumlah laporan mengenai sosok mencurigakan di lahan pertanian dan dari penjara yang segera menemukan dengan cepat para narapidana itu hilang dari sel mereka dan enam orang kabur," kata juru bicara kepolisian Eli Levy pada stasiun radio Kan, Senin (6/9).

Pasukan keamanan Israel sedang mencari orang-orang itu dan yakin mereka sudah tiba di Tepi Barat. Daerah yang diduduki Israel yang sebagian kecil wilayahnya dikuasai Otoritas Palestina. Polisi juga menduga kemungkinan para narapidana itu bergerak ke perbatasan Yordania.

Media Israel mengidentifikasi satu orang narapidana yang lolos sebagai Zakaria Zubeidi. Mantan komandan al-Aqsa Martyrs' Brigades yang berafiliasi dengan Fatah di Kota Jenin, Tepi Barat. Brigade itu menggelar serangan mematikan pada Israel selama pemberontakan 2000 hingga 2005. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement