Selasa 07 Sep 2021 15:12 WIB

Kenapa Orang Masih Merasa Kesepian Usai Bermain Medsos?

Sebagian orang masih merasa kesepian meskipun telah berinteraksi lewat medsos.

Logo aplikasi perpesanan. Berinteraksi dengan media sosial tak serta-merta membuat orang terlepas dari rasa kesepian.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Logo aplikasi perpesanan. Berinteraksi dengan media sosial tak serta-merta membuat orang terlepas dari rasa kesepian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih merasa kesepian setelah bermain di media sosial? Psikolog klinis dewasa dari Universitas Indonesia, Inez Kristanti, menganggap hal itu wajar.

"Tidak apa-apa kalau main media sosial tetapi tetap merasa kesepian, saya rasa itu hal yang bisa dipahami," ujar psikolog yang berpraktik di klinik Angsamerah itu dalam sebuah diskusi media secara virtual.

Menurut Inez, ini terkait kualitas interaksi yang hasilnya tak bisa setara saat Anda berkomunikasi dengan orang lain secara tatap muka. Dia mengatakan, berinteraksi melalui teknologi seperti media sosial bahkan bisa menjauhkan yang dekat dan malah mendekatkan teman yang jauh.

"Di media sosial, walau kita berinteraksi dengan orang kualitasnya tidak bisa disetarakan dengan hubungan personal," kata dia.

Walau begitu, memang tak ada salahnya memanfaatkan teknologi untuk sekedar menyapa atau menanyakan kabar orang-orang tersayang Anda, di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Pastikan setiap harinya selain menggunakan media sosial, Anda juga memiliki waktu untuk berinteraksi dengan orang lain.

"Tidak harus face to face karena di masa pandemi bisa melakukan panggilan Zoom dengan grup teman-teman atau menanyakan kabar keluarga," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement