Rabu 08 Sep 2021 16:26 WIB

Siswa Uzbekistan Diizinkan Kenakan Jilbab di Sekolah

Langkah tersebut diperlukan guna memastikan setiap anak mendapat pendidikan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Siswa Uzbekistan Diizinkan Kenakan Jilbab di Sekolah
Foto: Republika/Thoudy Badai
Siswa Uzbekistan Diizinkan Kenakan Jilbab di Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, TASHKENT -- Kementerian Pendidikan Uzbekistan mengizinkan siswa perempuan mengenakan jilbab di sekolah. Langkah tersebut diambil dalam upaya untuk meningkatkan kehadiran mereka di sekolah.

Islam merupakan agama yang dominan di Uzbekistan. Namun, pemerintah sangat sekuler dan mempertahankan kontrol ketat atas agama dalam tiga dekade kemerdekaan dari Uni Soviet.

Baca Juga

Menteri Pendidikan Sherzod Shermatov mengatakan pada 4 September, pihak berwenang berniat mengizinkan pemakaian jilbab dan kopiah nasional berwarna putih di sekolah setelah mendapat imbauan dari banyak orang tua. Menurut dia, langkah tersebut diperlukan guna memastikan setiap anak mendapat pendidikan.

Shermatov menyarankan pemakaian jilbab tidak akan menutupi dagu mereka. Sampai saat ini, dia tidak merinci kategori siswa yang akan menjalankan keputusan ini. Dikutip NDTV, Rabu (8/9), Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev telah melonggarkan beberapa kontrol terhadap Islam yang disetujui negara sejak 2016 setelah kematian eks presiden Islam Karimov.

 

Awal tahun ini, Uzbekistan mengesahkan undang-undang tentang mengizinkan perempuan mengenakan jilbab di tempat umum. Keputusan tersebut tidak berlaku di gedung-gedung yang menampung lembaga-lembaga negara, seperti sekolah.

Larangan lain yang dibatalkan setelah kematian Karimov termasuk larangan anak-anak ke masjid dan larangan menggunakan pengeras suara untuk mengumandangkan adzan. Pemerintah Amerika Serikat pada 2018 menghapus penetapan sanksi Uzbekistan sebagai negara dengan perhatian khusus untuk kebebasan beragama dan tahun lalu menghapusnya dari daftar pengawasan khusus dari pelanggar kebebasan beragama. 

https://www.ndtv.com/world-news/uzbekistan-lifts-headscarf-ban-in-schools-to-boost-female-attendance-2531895

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement