Senin 20 Sep 2021 18:08 WIB

Berzikir Setiap Saat adalah Perintah Allah SWT

Orang beriman setiap saat berada di dalam perjuangan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Berzikir Setiap Saat adalah Perintah Allah SWT
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berzikir Setiap Saat adalah Perintah Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam bahasa agama Islam, zikir diartikan dengan menyebut atau mengingat Allah SWT. Dalam Surah An-Nisa' Ayat 103, Allah SWT memerintahkan Muslim untuk selalu berzikir setiap saat dalam kondisi apapun.

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Baca Juga

Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS An-Nisa': 103).

Dalam penjelasan Tafsir Ringkas Kementerian Agama, dijelaskan ayat yang lalu menggambarkan pelaksanaan sholat khauf dengan tata cara tersendiri dalam suasana perang. Pada ayat ini Allah memerintahkan kaum Muslimin untuk melakukan zikir sesuai dengan kondisi mereka, berdiri, duduk, atau berbaring setelah selesai melakukan sholat.

Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan sholat yang dilakukan dalam keadaan takut tersebut, ingatlah Allah sebanyak-banyaknya sesuai dengan kondisi dan kemampuan kamu, ketika kamu berdiri, pada waktu duduk, dan ketika berbaring, dan semoga dengan memperbanyak zikir itu kamu mendapat pertolongan dari Allah.

Kemudian, apabila kamu telah merasa aman dari suasana menakutkan yang kamu alami yang menyebabkan kamu melaksanakannya dengan cara yang disebutkan di atas atau sudah kembali ke tempat asal kamu dari medan perang. Maka laksanakanlah sholat itu sebagaimana biasa sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan syariat, terpenuhi rukun dan syaratnya serta sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement