Selasa 21 Sep 2021 20:30 WIB

Perusahaan London Menangkan Kompetisi Desain Masjid Preston

Kompetisi desain Masjid Preston dimenangkan perusahaan Inggris.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Perusahaan London Menangkan Kompetisi Desain Masjid Preston. Foto: ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Perusahaan London Menangkan Kompetisi Desain Masjid Preston. Foto: ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET

REPUBLIKA.CO.ID,PRESTON -- Perusahaan asal London, Luca Poian Forms, memenangkan kompetisi internasional mendesain masjid di Preston, Lancashire.

Bangunan berdinding batu bata berbentuk oval nantinya akan dibangun di atas situs terkemuka, yang menghadap ke pusat kota. Bangunan ibadah ini nantinya akan terlihat dari sebagian besar daerah di sekitarnya.

Baca Juga

Dilansir di BD Online, Selasa (21/9), Luca Poian Forms mengalahkan empat perusahaan lainnya, termasuk Blankpage Architects Lebanon dan Tabe Shouri New York. Perusahaan asal London ini berhasil memenangkan kompetisi bergengsi RIBA, dengan proposal Brick Veil-nya.

Termasuk yang mengikuti kompetisi ini adalah 'New York practice Mcheileh Studio', yang pengajuannya desainnya sangat dipuji oleh panel RIBA.

RIBA mengatakan desain milik pemenang, mencakup keberadaan menara yang terinspirasi oleh cerobong asap pabrik kapas Lancashire, adalah sebuah "ikon".

Klien, yang meminta untuk tetap anonim, meminta desainnya memiliki situs "abadi" yang mampu berdiri dengan bangga di kaki langit Preston selama bertahun-tahun yang akan datang.

Luca Poian sendiri mengatakan desain masjid mereka tidak hanya merayakan tradisi Islam, tetapu juga memberi penghormatan kepada kerajinan Inggris.

“Mengerjakan proyek yang akan memiliki dampak mendalam pada komunitas adalah inti dari etos kami, sekaligus menghadirkan arsitektur ikonik yang unik dan bertahan dalam ujian waktu,” kata mereka.

Perusahaan ini pun menyebut kompetisi ini adalah kesempatan yang benar-benar unik untuk mencapai kedua tujuan secara bersamaan. Kompetisi internasional tersebut menarik lebih dari 200 peserta dari 40 negara berbeda.

Pengumuman pemenang ini merupakan lanjutan dari pembukaan pendaftaran RIBA Stirling Prize tahun ini, yang mencakup Masjid Pusat Cambridge senilai 23 juta Pound sterling, oleh Marks Barfield Architects.  

Sumber:

https://www.bdonline.co.uk/news/luca-poian-forms-wins-preston-mosque-design-competition/5113792.article

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement