Kamis 23 Sep 2021 07:34 WIB

Batas Hukum Polusi Udara UE tak Sesuai Rekomendasi WHO

Batas hukum polusi udara di Uni Eropa 4 kali atau 5 kali lebih tinggi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Satelit pemantau polusi (ilustrasi)
Foto: VOA
Satelit pemantau polusi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperketat pedomannya untuk batas polusi udara yang direkomendasikan, setelah menemukan bukti kerusakan kesehatan manusia pada tingkat yang lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya.

Ini membuat batas hukum UE untuk polusi udara tidak sesuai dengan rekomendasi WHO. Blok tersebut memungkinkan jenis polusi tertentu menjadi empat atau lima kali lebih tinggi.

Baca Juga

"Sejak 2005, ketika WHO terakhir memperbarui rekomendasi globalnya, telah terjadi peningkatan nyata dalam bukti yang menunjukkan bagaimana polusi udara mempengaruhi berbagai aspek kesehatan," kata organisasi itu, dilansir di Euronews, Kamis (23/9).

Rekomendasi WHO dengan Pedoman Kualitas Udara Global yang baru bertujuan untuk menyelamatkan jutaan nyawa.

Sekitar 7 juta orang diperkirakan meninggal sebelum waktunya akibat polusi udara. Polusi udara dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan kerusakan paru-paru pada anak-anak, serta penyakit jantung dan stroke pada orang dewasa.

Pedoman baru merekomendasikan tingkat kualitas udara untuk enam polutan: dua jenis partikel (PM), ozon (O₃), nitrogen dioksida (NO₂) sulfur dioksida (SO₂) dan karbon monoksida (CO).

Menurut badan amal hukum lingkungan ClientEarth, tingkat baru ini memperlebar kesenjangan antara rekomendasi WHO dan batas hukum di UE.

Misalnya, untuk PM2.5, batas hukum UE sekarang lima kali lebih tinggi dari rekomendasi WHO, sementara itu empat kali lebih tinggi untuk NO2. Badan amal itu mengklaim bahwa mereka sering atau bahkan secara sistematis terlampaui, mengekspos warga ke tingkat polusi yang berbahaya.

Menurut Ugo Taddei, kepala udara bersih ClientEarth, rekomendasi baru ini harus berfungsi sebagai peringatan bagi pemerintah di seluruh Eropa.

"Udara bersih dan sehat adalah hak dasar dan undang-undang UE harus sesuai untuk melindungi individu," kata Taddei.

Ia menambahkan, Komisi sekarang mencari untuk mereformasi standar kualitas udara UE dan rekomendasi WHO yang baru ini harus benar-benar tercermin dalam undang-undang. 

"Revisi Arahan Kualitas Udara adalah kesempatan sekali dalam satu generasi untuk memastikan orang-orang di UE tidak perlu menghirup tingkat polusi udara yang berbahaya selama bertahun-tahun yang akan datang," lanjutnya.

Mengumumkan tingkat yang direkomendasikan baru, direktur jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan polusi udara paling parah menyerang orang-orang di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

"Pedoman Kualitas Udara baru WHO adalah alat berbasis bukti dan praktis untuk meningkatkan kualitas udara tempat semua kehidupan bergantung. Saya mendesak semua negara dan semua yang berjuang untuk melindungi lingkungan kita untuk menggunakannya untuk mengurangi penderitaan dan menyelamatkan nyawa," katanya.

Pedoman baru didasarkan pada bukti yang diperoleh dari enam tinjauan sistematis yang mempertimbangkan lebih dari 500 makalah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement