Kamis 23 Sep 2021 18:04 WIB

Munas NU akan Bahas Masalah Keagamaan Aktual

Muktamar NU akan membahas berbagai persoalan kebangsaan dan masalah keagamaan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Nahdlatul Ulama

Kiai Ishomuddin menuturkan, dalam Komisi Bahtsul Masail al-Waqi\'iyyah, para peserta akan membahas tentang masalah keagamaan aktual, seperti hukum gelatin, hukum daging berbasis sel, dan hukum cryptocurrency dalam pandangan fikih Islam. 

"Karena banyak yang tertarik dengan cryptocurrency ini, maka harus dijawab pertanyaan-pertanyaan mereka, apakah ini merugikan atau menguntungkan misalnya, dan apakah halal atau haram," ucap Kiai Ishom. 

Sedangkan dalam Komisi Bahtsul Masail al-Maudlu'iyyah, menurut dia, para peserta Munas NU akan membahas tentang moderatisme NU di dalam politik. "Ini karena sudah 2021 dan sebentar lagi sudah 2024, ini pentinf sekali. Meskipun fokus tugas NU itu sebenarnya bukan politik praktis itu sendiri, tetapi politik kebangsaan, politik kerakyatan dan politik etis," jelasnya. 

Menurut Kiai Ishom, dalam komisi ini juga akan dibahas tentang pandangan fikih Islam terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta akan membahas tentang metode istinbath maqashidi. Karena, menurut dia, saat ini perlu metode yang selalu disempurnakan dalam Munas NU. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement