Sabtu 25 Sep 2021 03:40 WIB

Mengintip Dunia Muslim Igbo di Tenggara Nigeria

Igbo adalah salah satu dari tiga kelompok etnis utama di Nigeria.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria.
Foto:

Kelompok ini juga aktif di Chad, Niger, dan Kamerun utara. Pada 2016, kelompok tersebut terpecah menjadi dua faksi, dengan faksi lain dikenal sebagai ISIS Provinsi Afrika Barat.

Boko Haram menentang cara hidup barat dan berusaha mendirikan negara Islam di Nigeria dengan kekuatan senjata dan teror. Sebagai akibat dari serangan Boko Haram, banyak orang di selatan terutama di Igboland yang mayoritas beragama Kristen, menjadi khawatir terhadap Islam dan Muslim.

Ia menyebut masjid yang ingin ia bangun bukanlah yang berukuran besar. Hanya bangunan kecil yang bisa menampung, kurang lebih 50 orang. Ia membayangkan rumah ibadah itu bisa menjadi tempat ia berdoa bersama keluarga.

“Di tingkat masyarakat, penolakan lebih serius dari itu. Butuh tekad dari seseorang yang yakin akan agamanya agar masjid itu bisa berdiri sampai hari ini. Saya tidak membeli tanah, itu adalah tanah leluhur saya yang diberikan ayah kepada saya," lanjutnya.

Zubair Ugwu juga memiliki pengalaman mengerikan, seiring identifikasi dirinya dengan agama Islam di tenggara Nigeria. Ugwu berasal dari Alor-agu di Wilayah Pemerintah Daerah Igbo-Eze Selatan, Negara Bagian Enugu. 

Namun, ia sempat bersekolah di luar Tenggara, tempat ia masuk Islam. Ketika dia kembali ke daerah itu, dia dikejutkan oleh penyambutan yang ada.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement