Sabtu 25 Sep 2021 03:40 WIB

Mengintip Dunia Muslim Igbo di Tenggara Nigeria

Igbo adalah salah satu dari tiga kelompok etnis utama di Nigeria.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria.
Foto:

“Pertama kali saya kembali ke Timur, di Awka, saya disebut ‘sabo’ (sabotase) karena saya diidentifikasi sebagai seorang Muslim,” kata Ugwu. Pengalaman yang dirasakan Okonkwo dan Ugwu merupakan gambaran rata-rata pengalaman Muslim Igbo di Tenggara Nigeria.

Igbo adalah salah satu dari tiga kelompok etnis utama di Nigeria. Menurut 'CIA World Factbook' pada 2017, dengan perkiraan 33 juta orang berdomisili di Nigeria, Igbo menyumbang 19 persen dari populasi negara itu. Mereka pada dasarnya ditemukan di bagian tenggara Nigeria, yang dianggap sebagai tanah air mereka.

Dalam studi berjudul 'Tahapan-tahapan Konversi Igbo ke Islam: Sebuah Studi Empiris', menunjukkan Igbo Muslim lebih banyak ditemukan di Enugu. Terutama di Nsukka, Owerri, Enohia di Afikpo Utara, Nakano di Afikpo, kota Afikpo, Obollo Afor, Imilike Enu, Imilike Ani, Ibagwa dan Okija.

“Banyak Igbo percaya, seorang Igbo tidak akan pernah bisa menjadi Muslim. Namun Islam datang ke desa saya lebih dari satu abad yang lalu. Itulah mengapa kita memiliki jumlah umat Islam yang cukup banyak. Nenek moyang kita telah hidup sebagai Muslim selama lebih dari satu abad,” kata Ugwu.

Dalam hal penyebaran Islam di Igboland, ia mencatat negara bagian Ebonyi dan Enugu memiliki populasi Muslim yang cukup besar. Menurutnya, Islam tersebar luas di Nsukka, Negara Bagian Enugu, dan poros Afikpo Ebonyi, di mana terdapat Sekolah Islam. Dia menambahkan, daerah seperti Onu-eke di Ebonyi memiliki populasi Muslim yang kecil.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement