Selasa 28 Sep 2021 12:48 WIB

Platform Amalsholeh.com Distribusikan 32.535 Alquran

Kebutuhan Quran di Indonesia mencapai 5 juta eksemplar setiap tahunnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Amalsholeh.com membuat program Quran untuk Pelosok Indonesia sebagai salah satu program utamanya di tahun 2021 ini.
Foto: Istimewa
Amalsholeh.com membuat program Quran untuk Pelosok Indonesia sebagai salah satu program utamanya di tahun 2021 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Platform Amalsholeh.com dibuat untuk menjadi jembatan kebaikan bagi masyarakat Indonesia. Platform ini hadir, untuk masyarakat yang memilih gaya hidup Islami dan mencari alternatif dalam beramal baik infak maupun sedekah.

Mengutip Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, CEO Amalsholeh.com Irfansyah Riyanto mengatakan, bahwa kebutuhan Quran di Indonesia mencapai 5 juta eksemplar setiap tahunnya. Situs resmi Kementerian Agama merilis bahwa kebutuhan ini tidak sebanding dengan kemampuan produksi Unit Percetakan Quran (UPQ) Kemenag. 

Menyikapi kondisi ini, menurut Irfansyah, Amalsholeh.com membuat program Quran untuk Pelosok Indonesia sebagai salah satu program utamanya di tahun 2021 ini. “Niat utamanya adalah untuk memuliakan Quran. Amalsholeh.com berkolaborasi dengan banyak pihak, berupaya untuk mendistribusikan Quran terbaik hingga ke berbagai wilayah pelosok,” ujar Irfansyah, Senin (27/9).

Hingga saat ini, menurut Irfansyah, pihaknya telah mendistribusikan 32.535 Quran dan 10 ribu Buku Iqra ke wilayah-wilayah di pelosok Lampung, Jawa Barat, hingga Kepulauan Karimata di Kalimantan Barat.

"Semua daerah pelosok itu sudah kami beri bantuan Quran oleh team Amalsholeh.com,” katanya.

Menurutnya, beragam program terpilih di kanal digital, menjadi target audiens utama yang disasar oleh Amalsholeh.com. "Kami lahir dan berkembang sejak 25 September 2019 lalu," katanya.

Irfansyah mengatakan, beragam upaya yang dilakukan Amalsholeh.com untuk menjadi jembatan kebaikan. Salah satunya, mendapatkan respons dan antusiasme yang sangat baik dari berbagai pihak. Saat ini, lebih dari 480.000 orang terdaftar sebagai donatur di Amalsholeh.com, serta telah mendukung beragam varian program. Kata kuncinya, bantu (1.343 program), sedekah (1.128 program), Quran (999 program), yatim (915 program), masjid (670 program), santri/penghafal Quran (613 program), dan lainnya. 

“Hingga pertengahan September 2021 sudah ada 853 Lembaga yang bergabung dan merilis campaign di Amalsholeh.com, yang memberdayakan programnya di berbagai wilayah dan pelosok di Indonesia," katanya. 

Bahkan, kata dia, sejumlah lembaga mitra, mendistribusikan manfaat program hingga mancanegara. Secara keseluruhan, sudah ada 5.783 program yang dirilis melalui platform Amalsholeh.com.

Usia kedua tahun, kata dia, menjadi momentum bagi Amalsholeh.com untuk menguatkan fondasi organisasi, team, dan layanannya agar bisa menjaga serta meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia. "Masih banyak hal yang perlu dibenahi, karena kita baru mulai. Mohon doa serta dukungan terbaik dari semua pihak bagi Amalsholeh.com di masa sekarang dan akan datang,” kata Irfansyah. 

Sementara menurut CTO Amalsholeh.com, Nur Roni Dinnurohman, Amalsholeh.com memiliki motto Komitmen Kemudahan Beramal Sholeh dalam Genggaman. “Menjadi baik itu tidak cukup, adalah salah satu motto dari team pengembangan produk di Amalsholeh.com. Oleh karena itu, tahun ini kami merilis sejumlah fitur kemudahan bagi para pengguna aplikasi AmalSholeh,” katanya.

Sejumlah fitur terbaru dalam aplikasi AmalSholeh bagi para donatur, kata Nur Roni, pertama Fitur Alquran, di mana kini user bisa membagikan ayat Quran dalam format poster yang lebih menarik. Lalu Dompet Kebaikan, yaitu metode pembayaran yang memudahkan user untuk bersedekah. Serta, Donasi Rutin yang memudahkan user untuk bisa bersedekah setiap hari secara otomatis. 

“Salah satu stakeholder strategis Amalsholeh.com selain donatur adalah para mitra lembaga. Oleh karena itu, kami juga mempersiapkan fitur terbaru khusus bagi lembaga agar bisa semakin memaksimalkan berbagai program kebaikan,” papar Roni. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement