Rabu 29 Sep 2021 07:36 WIB

Teguran Alquran untuk yang Beriman Lalu Kafir

Orang yang hatinya bimbang dan ragu tidak akan mendapat petunjuk jalan yang benar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Teguran Alquran untuk yang Beriman Lalu Kafir
Foto: Saudi Ministry of Media via AP Photo
Teguran Alquran untuk yang Beriman Lalu Kafir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran dalam Surat An-Nisa Ayat 137 menegur orang yang telah beriman lalu menjadi kafir, kemudian beriman lagi dan menjadi kafir lagi. Dijelaskan Alquran orang semacam itu tidak akan mendapat petunjuk kepada jalan yang lurus.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا ثُمَّ كَفَرُوْا ثُمَّ اٰمَنُوْا ثُمَّ كَفَرُوْا ثُمَّ ازْدَادُوْا كُفْرًا لَّمْ يَكُنِ اللّٰهُ لِيَغْفِرَ لَهُمْ وَلَا لِيَهْدِيَهُمْ سَبِيْلًاۗ

Baca Juga

Sesungguhnya orang-orang yang beriman lalu kafir, kemudian beriman (lagi), kemudian kafir lagi, lalu bertambah kekafirannya, maka Allah tidak akan mengampuni mereka, dan tidak (pula) menunjukkan kepada mereka jalan (yang lurus). (QS An Nisa: 137)

Dalam penjelasan Tafsir Ringkas Kementerian Agama, ayat ini secara khusus menerangkan keadaan orang-orang munafik. Sesungguhnya orang-orang yang beriman lalu kafir, kemudian beriman lagi, kemudian kafir lagi, lalu bertambah kekafirannya selamanya hingga mati dalam kekafiran, maka Allah tidak akan mengampuni mereka setelah mereka mati, dan tidak pula menunjukkan kepada mereka jalan yang lurus, yaitu jalan menuju surga.

 

Ayat ini dijelaskan Tafsir Kementerian Agama, ada sekelompok orang yang telah menyatakan dirinya beriman, kemudian berbalik menjadi kafir. Sesudah itu beriman kembali, lalu berbalik lagi menjadi kafir dan akhirnya mereka bertambah-tambah kekafirannya hingga saat ajal mereka tiba.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement