Kamis 30 Sep 2021 10:30 WIB

BSI dan DMI Kolaborasi Digitalisasi Masjid

BSI akan menyediakan layanan untuk pengelolaan keuangan masjid.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
PT Bank Syariah Indonesia Tbk. menandatangani kesepakatan kerja sama untuk digitalisasi masjid dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), Rabu (29/9).
Foto:

Pengurus masjid juga akan memiliki aplikasi digital masjid yang dapat menghadirkan kebutuhan informasi. Baik terkait keuangan, informasi ibadah, maupun kajian masjid yang dapat diakses baik oleh pengurus maupun jamaah masjid secara realtime, kapanpun, dan dimanapun sehingga terjadi transparansi.

Hery mengatakan, masjid tentunya merupakan bagian dari satu kesatuan ekosistem halal dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kedepannya BSI berharap dapat bersinergi dengan Dewan Masjid Indonesia di bawah dukungan Kementerian Agama dalam melakukan pengelolaan dana masjid, peningkatan literasi, dan juga inklusi keuangan syariah.

"Kami sadar bahwa Dewan Masjid saat ini menaungi masjid-masjid di seluruh tanah air dalam rangka membangun karakter yang baik bagi umat muslim serta membangun perekonomian bangsa melalui pemakmuran masjid dan mushola," katanya.

Potensi ekonomi dari masjid pun sangat signifikan dan berpeluang meningkatkan kesejahteraan masyarakat lebih cepat. Ia mencatat pada kuartal I 2021, jumlah masjid dan mushola yang ada di Indonesia mencapai hampir 800 ribu. Sementara jumlah yang sudah tercatat resmi melalui Sistem Informasi Masjid (Simas) Kementerian Agama sebanyak 300 ribu masjid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement