Kamis 21 Oct 2021 05:03 WIB

5 Golongan yang Dicintai Allah SWT Menurut Alquran

Allah mencintai orang yang bertaubat, bertawakal, bersuci, sabar, dan adil.

Foto: republika
5 Golongan yang Dicintai Allah SWT Menurut Alquran. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, 5 Golongan yang Dicintai Allah SWT Menurut Alquran

Dalam Alquran, Allah SWT menjelaskan sejumlah golongan yang dicintai-Nya. Mereka dicintai-Nya karena iman dan takwa.

Selain itu, mereka pun selalu berupaya mengamalkan sikap dan perilaku yang baik, sesuai tuntunan ajaran Islam.  Berikut ini lima golongan yang dicintai Allah SWT sebagaimana disebutkan Alquran:  

>Berbuat Adil

Salah satu golongan yang dicintai Allah ialah muqsithin, yakni orang-orang yang berbuat adil. Adil berarti melakukan suatu perbuatan dengan tidak menzalimi orang lain dan diri sendiri.  “Sesungguhnya Allah menyukai orang- orang yang adil. (QS Al Maidah: 42).  

>Orang Sabar

Kesabaran juga menunjukkan kualitas iman. Allah SWT mencintai shabirin, yakni orang-orang yang bersabar. “Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS  Ali Imran ayat 146)

>Bertawakal

Tawakal berarti menyerahkan penentuan hasil dari apa-apa yang telah dilakukan hanya kepada Allah. “Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakal-lah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertawakal.” (QS Ali Imran ayat 159).  

> Mereka yang bertaubat

At-tawwabin, atau orang-orang yang bertaubat kepada Allah SWT sebenar-benar taubat.  “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al-Baqarah 222)

>Orang yang bersuci

Golongan orang yang gemar bersuci dan menjaga kesucian diri disebut dengan al-mutathahhirin. ““Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al-Baqarah 222)

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement