Senin 11 Oct 2021 09:30 WIB

Israel Bongkar Makam Palestina di Dekat Al Aqsa

Israel berencana untuk membangun sebuah taman dekat dengan Pemakaman Al-Yusufiye.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Kompleks Masjid Al Aqsa
Foto: AP
Kompleks Masjid Al Aqsa

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Israel pada Ahad (10/10) menghancurkan pemakaman Muslim di dekat masjid Al Aqsa di Yerusalem timur yang diduduki. Beberapa makam di Pemakaman Al-Yusufiye dekat masjid Al Aqsa dihancurkan oleh kendaraan berat.

Seperti dilansir Anadolu Agency, Senin (11/10), warga Palestina melaporkan tentang sejumlah tulang yang ditemukan di area pemakaman selama operasi pembongkaran. Direktur eksekutif Komisi Perlindungan Makam Muslim, Ahmed al-Dajani, mengatakan, pengadilan Israel telah memberikan izin kepada Direktorat Arkeologi Israel untuk bekerja di lokasi yang dekat dengan kuburan.

Baca Juga

Al-Dajani mengatakan, di antara makam yang dihancurkan adalah makam orang-orang Muslim yang menjadi martir dalam konflik antara 1948 dan 1967. Dia menegaskan, Israel akan menghadapi tindakan hukum sebagai tanggapan atas pembongkaran makam tersebut.

Al-Dajani mengatakan, Israel berencana membangun sebuah taman dekat Pemakaman Al-Yusufiye. Pemakaman Al-Yusufiye terletak di sebelah tembok yang mengelilingi Kota Tua. Ini salah satu pemakaman Muslim tertua di Yerusalem yang diduduki.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Yerusalem berusaha menghancurkan tangga bersejarah yang mengarah ke Kota Tua dan Masjid Al Aqsa. Tetapi langkah itu kemudian dicegah warga Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement