Kamis 14 Oct 2021 23:03 WIB

Tekanan Darah Tinggi, Vaksinasi Pelajar SMP Sampit Ditunda

Tingginya tekanan darah sejumlah pelajar rata-rata karena gugup.

Vaksinasi pelajar SMP di Sampit banyak yang ditunda karena tekanan darah tinggi (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Vaksinasi pelajar SMP di Sampit banyak yang ditunda karena tekanan darah tinggi (ilustrasi).

Pelajar Sampit Banyak Tunda Vaksinasi karena Tekanan Darah Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Vaksinasi Covid-19 di tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diwarnai penundaan vaksinasi terhadap banyak pelajar. Pasalnya, banyak pelajar yang mengalami tekanan darah tinggi saat hendak disuntik.

"Tidak perlu takut dan tidak perlu gugup, nanti malah tidak bisa divaksinasi. Santai saja. Tidak sakit. Vaksinasi ini penting supaya kita bisa memutus mata rantai penularan Covid-19," kata Bupati Sampit, Halikinnor, di Sampit, Kamis (14/10).

Halikinnor didampingi Kepala Dinas Pendidikan Suparmadi dan pejabat lainnya memantau vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pendidikan, khususnya pelajar dan mahasiswa. Berdasarkan data, vaksinasi di SMPN 1 Sampit dialokasikan untuk 500 dosis atau orang, SMPN 2 Sampit 246 dosis, SMPN 3 Sampit 750 dosis dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Habaring Hurung dialokasikan 360 dosis. Namun, saat pelaksanaan, sebagian pelajar maupun mahasiswa terpaksa ditunda penyuntikan vaksinnya. 

Salah satu penyebabnya adalah tekanan darah mereka tinggi sehingga batal disuntik karena dinilai berisiko.Kondisi itu ditemukan hampir di semua tempat vaksinasi Covid-19 berlangsung. Hal ini cukup menjadi perhatian lantaran tekanan darah tinggi umumnya diderita oleh orang dewasa. 

Dokter Ratih Eka Fitri dari Puskesmas Ketapang I membenarkan sebagian pelajar ditunda divaksinasi karena tekanan darahnya tinggi. Data sementara, sekitar 15 orang pelajar yang batal divaksinasi.

"Tekanan darahnya di atas 140/100 dan nadinya di atas 150, takutnya nanti pingsan. Normalnya di bawah 140/100. Nadi sebenarnya tidak ada batasan, tapi normalnya itu 100 hingga 115, jadi kalau 150 itu tidak kami suntik karena takutnya pingsan," kata Ratih.

Ratih menyebutkan, tingginya tekanan darah sejumlah pelajar tersebut rata-rata karena gugup. Untuk itu petugas kesehatan berupaya memotivasi peserta agar lebih santai.

Kepala SMPN 2 Sampit, Abdurrahman, mengakui ada beberapa siswanya yang batal divaksinasi karena tekanan darah tinggi. Dia memercayakan masalah tersebut kepada petugas kesehatan yang lebih memahami aturan teknisnya.

"Hari ini merupakan vaksinasi kedua di sekolah kami, yakni untuk mereka yang kemarin berhalangan ikut. Hari ini memang ada beberapa siswa tidak bisa divaksinasi karena saat diperiksa tekanan darahnya tinggi. Jumlahnya tidak terlalu banyak," kata Abdurrahman.

Vina, salah seorang orang tua murid, mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah melaksanakan vaksinasi untuk pelajar. Ini diharapkan menjadi cara ampuh untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, khususnya dalam proses belajar mengajar.

"Saya sangat senang kalau semua anak-anak telah divaksinasi. Bergaul sama teman-temannya kan juga aman. Kami sebagai orangtua juga lebih tenang. Mudah-mudahan nanti bisa kembali normal seperti dulu," ujar Vina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement