Rabu 20 Oct 2021 04:04 WIB

Maulid Nabi, Momentum Mengingat Keteladanan Rasulullah

Kehidupan Nabi Muhammad SAW begitu luar biasa.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

Disebut sebagai 'Piagam Madinah atau' Sahifat al-Medina,' itu menguraikan berbagai aspek organisasi masyarakat dan pedoman untuk menjaga hubungan yang harmonis antara agama yang berbeda. Teladan kenabian dalam mengakui keragaman dan mengizinkan kebebasan beragama ini menjadi inti dari masyarakat sipil yang damai di Madinah.

Mereka yang tahu bahasa Arab memahami bahwa setiap kata dalam bahasa Arab memiliki akar kata. Kehidupan Nabi Islam adalah manifestasi hidup dari cita-cita Islam ini. Ada banyak peristiwa dalam hidupnya yang dapat membantu memahami pentingnya yang beliau SAW berikan untuk perdamaian. 'Pakta Hudaibiyyah' adalah salah satu peristiwa di mana Nabi Muhammad menunjukkan kepada dunia pentingnya menjaga perdamaian.

Ajaran Nabi memberikan penekanan besar pada perilaku orang beriman dalam kehidupan individu dan sosial. Saat ini, ketika dunia dengan hati-hati berusaha untuk keluar dari bayang-bayang pandemi dan dengan enggan menyesuaikan diri dengan perubahan yang diakibatkannya. Adalah tanggung jawab setiap orang percaya untuk mematuhi pedoman prinsip-prinsip kenabian ini dan berkontribusi pada pemulihan masyarakat dengan segala cara yang mungkin.

 

Hanya orang-orang bijaksana yang dapat mengadopsi pendekatan yang menjanjikan menuju masa depan dan menjadi kolektif yang melihat peluang dalam tantangan dan menjadi pertanda perdamaian, harapan, dan harapan baik bagi dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement