Jumat 12 Nov 2021 04:10 WIB

Proyek Melibatkan Muslim dalam Film Dirintis

Proyek melibatkan lebih banyak Muslim dalam proses pembuatan film diluncurkan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Muslim Amerika

Selain itu, Pillars Fund telah bekerja sama dengan sejumlah seniman Muslim terkemuka untuk mengantarkan Pilar Artist Fellowship. Program ini akan memberikan 25 ribu dolar AS dalam bentuk uang tunai tanpa batas bersama dengan bimbingan dari selebriti seperti Riz Ahmed, Hasan Minhaj, Mahershala Ali dan Nida Manzoor.

"Sebagai bagian dari upaya Reimagine Tomorrow kami untuk memperkuat suara-suara yang kurang terwakili dan cerita yang tak terhitung, kami merasa terhormat untuk mendukung Database Artis Muslim Pilar yang baru," kata Wakil Presiden Senior dan Chief Diversity Officer di Disney, Latondra Newton.

"Basis data adalah alat tambahan untuk tim dan materi iklan kami di seluruh industri untuk digunakan saat mereka mengembangkan cerita yang lebih inklusif," lanjutnya.

Berbasis di Chicago, Pillars Fund terlibat dalam laporan Juni 2021 tentang penggambaran Muslim di layar bersama dengan Annenberg Inclusions Initiative dari University of Southern California (USC) dan lainnya.

Berjudul 'Missing & Maligned: The Reality of Muslims in Popular Global Movies', studi inovatif ini mengungkapkan sejauh mana karakter Muslim hilang atau digambarkan secara negatif di 200 film, yang dirilis antara 2017 dan 2019 di AS, Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Kurang dari 10 persen dari mereka menunjukkan karakter Muslim di layar, dan dari 8.965 karakter berbicara yang dianalisis, hanya 1,6 persen adalah Muslim. 

 

Sementara itu, kurang dari 24 persen karakter Muslim adalah perempuan. Sebanyak 181 dari 200 film (90,5 persen) bahkan tidak menampilkan karakter berbahasa Muslim. Hanya enam film yang menampilkan karakter Muslim dalam peran utama solo, duo, atau ansambel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement