Senin 22 Nov 2021 01:13 WIB

Dicap Ekstremis, Salman Butt: Saya Maafkan

Salman Butt, dituduh oleh pemerintah Inggris sebagai pengkhutbah ekstremis.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Dr Salman Butt, Pemimpin Redaksi Islam21com.
Foto:

Organisasi Islamofobia, Butt menekankan, adalah salah satu sumber informasi bagi pemerintah dalam hal ini.

"Ternyata mereka benar-benar mengambil informasi dari organisasi-organisasi Islamofobia yang bangga di mana Muslim itu ekstrem dan tidak boleh berbicara di kampus-kampus. Itulah mengapa keluar nama saya dan nama beberapa lainnya, hanya orang-orang Muslim normal arus utama yang disebutkan oleh pemerintah," tuturnya. 

Butt meminta pemerintah Inggris untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi. Terlepas dari itu, dia menyatakan bahwa dia menerima permintaan maaf itu, meskipun sudah enam tahun yang lalu.

"Saya menerima permintaan maaf untuk membersihkan nama saya sendiri, secara pribadi, saya menganggap itu sebagai permintaan maaf selamat datang, meskipun sudah terlambat enam tahun," tambah Butt.

Dia mengingatkan, komunitas Muslim harus memutuskan sendiri soal Islam yang ekstrem dan normal, bukan orang lain.

Pada Senin lalu, pemerintah Inggris meminta maaf kepada Butt, yang secara keliru digambarkan sebagai pengkhutbah kebencian ekstremis pada 2015.

"Pemerintah menerima bahwa tuduhan bahwa Butt adalah pengkhutbah kebencian ekstremis yang melegitimasi terorisme sepenuhnya salah dan oleh karena itu seseorang yang pengaruhnya terhadap siswa harus dilindungi," kata Aidan Eardley, penasihat hukum untuk Menteri Dalam Negeri Priti Patel, di pengadilan.

 

"Saya minta maaf atas kerugian yang dideritanya dan khususnya fakta bahwa tuduhan itu dibuat dan dipertahankan begitu lama," tambahnya, membaca sebuah pernyataan. Atas tantangan hukum Butt atas tuduhan palsu oleh pemerintah Inggris, Home Office setuju untuk menghapus namanya dari siaran pers dan membayar kompensasi Butt di samping biaya hukum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement