Jumat 26 Nov 2021 18:09 WIB

Memaknai Janji Panca Prasetya di Wisuda Universitas BSI

Universitas BSI selalu mengajak seluruh wisudawan/ wati membacakan sebuah janji

Universitas BSI selalu mengajak seluruh wisudawan/ wati membacakan sebuah janji, yaitu janji Panca Prasetya.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI selalu mengajak seluruh wisudawan/ wati membacakan sebuah janji, yaitu janji Panca Prasetya.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Upacara wisuda di setiap kampus, tentunya memiliki kekhasan dan tradisinya tersendiri. Seperti wisuda ke-54 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang dilaksanakan secara hybrid (offline dan online), pada Kamis (25/11) lalu.

Dalam upacara wisudanya, Universitas BSI selalu mengajak seluruh wisudawan/ wati membacakan sebuah janji, yaitu janji Panca Prasetya. Yesni Malau, selaku dosen Universitas BSI dan koordinator petugas khusus (Paskibra) pada upacara Wisuda ke-54 Universitas BSI mengatakan, pembacaan janji Panca Prasetya adalah pembacaan janji wisudawan/ wati saat mereka dinyatakan lulus dari Universitas BSI.

Baca Juga

Berikut butir-butir Panca Prasteya Universitas BSI:

1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan setia kepada negara republik Indonesia.

2. Mengedepankan kejujuran, etika dan moral dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan berbangsa.

3. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, agama, suku, atau golongan.

4. Turut serta dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa dan negara.

5. Menjaga dan menjunjung tinggi harkat dan martabat, serta nama baik almamater Universitas Bina Sarana Informatika

Yesni menyampaikan, pembacaan ini dilakukan oleh salah satu wisudawan yang terpilih dan dikawal oleh petugas khusus. Dalam pembacaannya, diikuti oleh seluruh wisudawan/ wati Universitas BSI.

“Petugas khusus itu bertugas mengawal dewan kehormatan saat memasuki ruangan upacara wisuda. Kemudian, mereka juga kembali menjemput dewan kehormatan untuk meninggalkan ruangan upacara wisuda dengan membawa bendera negara Indonesia dan fakultas,” ujar Yesni.

Sementara itu, ia berharap seluruh wisudawan/ wati setelah mendapatkan gelar bisa lebih sukses. Di era pandemi Covid-19 mereka bisa berjuang dengan cara mereka sendiri.

“Jika memang lowongan kerja itu sulit, maka mereka harus lebih mengedepankan inovasi agar mudah dilirik perusahaan. Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/wati, sukses untuk kalian, sehat selalu,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan gelar baru tersebut, mereka bisa lebih maju, lebih sukses dan lebih berarti lagi. Baik bagi masyarakat dan diri sendiri,” tegasnya.

Selain itu, para wisudawan diharapkan akan bertanggung jawab dengan semua aspek yang terkandung dalam Janji Prasetya tersebut. Hal itu, akan mampu menjadikan lulusan kampus Universitas BSI, siap menjaga nama baik almamater dan menjadi pioner terhadap kemajuan IPTEK di tengah masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement