Selasa 30 Nov 2021 21:00 WIB

Kampung Pulo Geulis, Kampung di Tengah Kali Ciliwung

Pulo Geulis merupakan kampung menyerupai pulau yang persis berada di tengah Ciliwung.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agung Sasongko
Anggota Pramuka Penegak Kota Bogor memungut sampah di aliran sungai Ciliwung, Kampung Pulogeulis, Kota Bogor, Jawa Barat, Jum
Foto:

Kepala Seksie Ekonomi dan Pem bangunan Kelurahan Babakan Pasar, R Gi ri Maya Yudistira, menjelaskan pengem bangan Kampung Etnik Pulo Geulis di mulai pada Maret 2021. Pengembangan destinasi wisata ini dimulai dari pengem bangan perekonomian warga, utamanya pada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pangan.

"Konsep yang saya sampaikan itu, terkait masalah keberagaman budaya seperti makanan tradisional, musik, permainan, itu saya cenderung ke arah sana," ujar pria yang sempat bekerja di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor itu kepada Republika beberapa waktu lalu.

Yudistira menjelaskan, setidaknya ada 23 pelaku UMKM pangan yang mendapat pelatihan dari Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) terkait pelatihan dasar akuntansi. Serta pembinaan dari Hotel 101 Kota Bogor terkait standarisasi rasa dan higienis produk.

Tidak hanya dari UMKM, pengembangan juga akan dilakukan pada perbaikan infrastruktur tahun depan. Mulai dari jalanan, drainase, juga tembok-tembok berisi mural yang saat ini tampak terbeng kalai. Sebuah lapangan yang berada di tengah kampung, rencananya juga akan diubah menjadi plataran untuk pertunjukan. Lengkap dengan tribun untuk tempat penonton menyaksikan pertunjukkan barongsai, sepak bola api, serta drama musikal tentang sejarah.

"Untuk ticketing rencananya kerjasama dengan pihak hotel. Nanti bagaimana caranya tamu hotel di saat waktu senggang, diarahkan ke program event ini. Misal sore menyaksikan barongsai, petang menyaksikan sepak bola api, atau drama musikal. Itu konsep yang kita buat," kata Yudistira.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement