Ahad 05 Dec 2021 09:45 WIB

Syirik Besar Meminta Bantuan pada yang Mati

Manusia dapat meminta bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah ﷻ.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Syirik Besar Meminta Bantuan pada yang Mati. Foto ilustrasi: Sesuatu yang paling ditakuti ahli ibadah ialah perbuatan syirik di dalam ibadah.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang/ca
Syirik Besar Meminta Bantuan pada yang Mati. Foto ilustrasi: Sesuatu yang paling ditakuti ahli ibadah ialah perbuatan syirik di dalam ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Termasuk ke dalam syirik besar apabila meminta bantuan atau mencari berkah dari mereka yang mati atau yang tidak hadir (ghaib). Manusia dapat meminta bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah ﷻ.

Dikutip dari buku Ambilah Aqidahmu dari Alquran dan As-sunnah yang shahih yang difahami Shahabat Radhiyallahu Anhum, seseorang tidak boleh meminta kepada orang mati atau orang yang tidak ada. Allah Ta'ala berfirman, 

Baca Juga

وَالَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَا يَخْلُقُوْنَ شَيْـًٔا وَّهُمْ يُخْلَقُوْنَۗ اَمْوَاتٌ غَيْرُ اَحْيَاۤءٍ ۗوَمَا يَشْعُرُوْنَۙ اَيَّانَ يُبْعَثُوْنَ 

"Dan (berhala-berhala) yang mereka seru selain Allah, tidak dapat membuat sesuatu apa pun, sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang.(Berhala-berhala itu) benda mati, tidak hidup, dan berhala-berhala itu tidak mengetahui kapankah (penyembahnya) dibangkitkan" (QS An-Nahl ayat 20-21)

Dan, Allah Ta'ala berfirman 

اِذْ تَسْتَغِيْثُوْنَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ...

"(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu..." (QS. Al-Anfaal ayat sembilan).Dan Nabi ﷺ bersabda, 

يَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَ حْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

"Wahai Yang Mahahidup, Wahai Yang Maha Berdiri sendiri, dengan rahmat-Mu, aku memohon pertolongan (kepada-Mu)." (HR At-Tirmidzi)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement