Kamis 09 Dec 2021 01:25 WIB

Ketika Umar berusia Senja dan Kekuatannya Melemah

Umar berdoa kepada Allah agar mendapatkan mati syahid.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Umar bin Khattab di Madinah
Foto:

Akhirnya Umar jatuh tersungkur dan menyuruh Abdurrahman bin Auf agar menggantikannya menjadi imam shalat. Kemudian orang kafir itu (Abu Lu'lu'ah) berlari ke belakang, sambil menikam seluruh orang yang dilaluinya.

Dalam peristiwa itu sebanyak 13 orang terluka dan 6 orang dari mereka tewas. Maka segera Abdullah bin Auf menangkapnya dengan melemparkan humus (baju panjang yang memiliki penutup kepala) untuk menjeratnya, kemudian Abu Lu'lu'ah bunuh diri, semoga Allah melaknatnya. 

Waktu itu Umar segera dibawa ke rumahnya sementara darah mengalir deras dari luka-lukanya. Hal itu terjadi sebelum matahari terbit. Umar berkali-kali jatuh pingsan dan sadar, kemudian orang-orang mengingatkannya sholat, beliau sadar sambil berkata, "Ya aku akan sholat dan tidak ada bagian dari Islam bagi orang yang meninggalkan sholat." 

Kemudian beliau sholat, setelah sholat beliau bertanya siapa yang menikamnya?" Mereka menjawab, "Abu Lu'lu'ah budak al-Mughirah bin Syu'bah." Beliau berkata, "Alhamdulillah yang telah menentukan kematianku di tangan seseorang yang tidak beriman dan tidak pernah sujud kepada Allah sekalipun."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement