Senin 20 Dec 2021 11:07 WIB

Menu Populer, Ini Lima Jenis Kimchi yang Bisa Dinikmati

Kimchi dapat pula menjadi sajian pendamping untuk makanan lainnya.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Makanan pedas dari Korea, Kimchi.
Foto: Flickr
Makanan pedas dari Korea, Kimchi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan mempunyai banyak makanan khas yang diminati oleh penggemarnya di seluruh dunia. Beberapa kuliner khas yang paling terkenal seperti kimchi, kimbab, tteokbokki, bibimbab, dan sebagainya. Dari sejumlah pilihan kuliner tersebut, kimchi termasuk yang paling populer.

Pada umumnya, kimchi bisa dikonsumsi sendiri secara utuh sebagai makanan. Namun dapat pula menjadi pendamping untuk makanan lainnya. Untuk lebih mengenai kuliner ini, Republika.co.id menghadirkan lima jenis kimchi yang diperlu diketahui masyarakat, dilansir dari visitkorea, Senin (20/12) :

1. Baechu Kimchi

Jenis kimchi pertama adalah baechu kimchi. Baechu kimchi terbuat dari sawi putih yang dicampur dengan cabai bubuk Korea, bawang putih, kecap ikan, dan rempah-rempah khas Korea lainnya untuk kemudian difermentasikan. Jenis sawi ini termasuk yang paling terkenal dan paling banyak dikonsumsi sebagian masyarakat Korea Selatan.

2. Kkadugi

Jenis kimchi berikutnya terbuat dari lobak yang dipotong dadu. Kimchi jenis ini biasa disebut dengan nama kkadugi. Tekstur yang renyah menjadi salah satu ciri khas dari kimchi jenis ini.

3. Nabak Kimchi

Secara visual, nabak kimchi terlihat sangat berbeda. Pasalnya, kimchi jenis ini berkuah dan rasanya tidak terlalu pedas. Selain menggunakan sawi putih dan lobak, kimchi ini menambahkan irisan apel dan pir sehingga rasanya lebih manis dibandingkan jenis kimchi lainnya.

4. Yeolmu Kimchi

Pada musim panas, masyarakat biasanya menyiapkan dan mengonsumsi kimchi jenis yeolmu. Hal ini karena sawi putih belum siap panen sehingga masyarakat menggunakan lobak musim panas muda untuk membuat kimchi.  Untuk membuat kimchi ini, lobak biasanya akan dicampur dengan bubuk cabai Korea, daun bawang, dan lokio sehingga memberikan aroma dan rasa yang unik.

5. Oi So Bagi

Jenis kimchi terakhir, yakni Oi So Bagi. Kimchi yang berbahan dasar mentimun ini  sering dikonsumusi selama musim semi dan musim panas. Tekstur mentimun yang renyah dan kaldu kimchi yang menyegarkan menciptakan rasa unik pada kimchi jenis ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement