Senin 27 Dec 2021 17:08 WIB

Taliban Tetapkan Wanita Hanya Boleh Keluar dengan Kerabat Laki-Laki

Taliban melarang taksi mengangkut perempuan yang bepergian jarak jauh.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Taliban Tetapkan Wanita Hanya Boleh Keluar dengan Kerabat Laki-Laki. Wanita berbaris untuk menerima uang tunai di titik distribusi uang yang diselenggarakan oleh Program Pangan Dunia, di Kabul, Afghanistan, Sabtu, 20 November 2021.
Foto: AP/Petros Giannakouris
Taliban Tetapkan Wanita Hanya Boleh Keluar dengan Kerabat Laki-Laki. Wanita berbaris untuk menerima uang tunai di titik distribusi uang yang diselenggarakan oleh Program Pangan Dunia, di Kabul, Afghanistan, Sabtu, 20 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Taliban melarang perempuan Afghanistan melakukan perjalanan jauh, kecuali didampingi oleh kerabat laki-laki. Taliban bahkan melarang taksi mengangkut perempuan ke tempat lain selain jarak dekat.

Aturan ini dikeluarkan oleh Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Wakil, juga meminta semua pemilik kendaraan menawarkan tumpangan hanya kepada para wanita yang mengenakan jilbab islami. "Perempuan yang bepergian lebih dari 45 mil (72 kilometer) tidak boleh ditawari tumpangan jika mereka tidak ditemani oleh anggota keluarga dekat," kata juru bicara kementerian Sadeq Akif Muhajir, dilansir dari Alaraby, Senin (27/12).

Baca Juga

Aturan ini beredar di jaringan media sosial, beberapa minggu setelah kementerian meminta saluran televisi Afghanistan berhenti menampilkan drama dan sinetron yang menampilkan aktris. Muhajir mengatakan jilbab juga akan diwajibkan bagi wanita yang hendak menggunakan transportasi.

Jilbab yang dimaksudkan bukan hanya sekadar menutup rambut, tetapi juga termasuk menggunakan cadar. Kementerian juga meminta wartawan TV wanita mengenakan jilbab saat presentasi. Selain itu, kementerian juga meminta orang berhenti menyetel musik di kendaraan mereka.

Sejak mengambil alih kekuasaan pada Agustus, Taliban telah memberlakukan berbagai pembatasan pada perempuan dan anak perempuan. Meskipun diawal janji pemerintahannya, aturan yang lebih lembut akan diberlakukan dibandingkan ketika mereka berkuasa pada 1990-an.

Di beberapa provinsi, otoritas Taliban setempat telah dibujuk untuk membuka kembali sekolah, tetapi banyak anak perempuan masih tetap terputus dari pendidikan menengah. Awal bulan ini, Taliban mengeluarkan dekrit atas nama pemimpin tertinggi mereka yang menginstruksikan pemerintah untuk menegakkan hak-hak perempuan. Keputusan itu tidak menyebutkan akses anak perempuan ke pendidikan.

Aktivis berharap pertempuran Taliban untuk mendapatkan pengakuan internasional dan mendapatkan bantuan yang mengalir kembali ke salah satu negara termiskin di dunia akan menyebabkan mereka membuat konsesi kepada perempuan. Penghormatan terhadap hak-hak perempuan telah berulang kali dikutip oleh donor global utama sebagai syarat untuk memulihkan bantuan.

Hak-hak perempuan sangat dibatasi selama tugas Taliban sebelumnya berkuasa. Mereka juga dipaksa untuk mengenakan burqa, dan hanya diizinkan meninggalkan rumah dengan pendamping laki-laki dan dilarang bekerja dan sekolah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement